Sunday 15 July 2012

Masjid yang Pertamakali di Desain Wanita di Turki


Masjid pertama di Turki yang dirancang oleh Wanita.-my.opera.com

Ada tambahan yang mengkilap di antara masjid-masjid Ottoman dan istana yang membentuk cakrawala metalik menakjubkan di Istanbul, cermin kubah Masjid Sakirin baru, tempat ibadah Islam dibangun dengan sentuhan wanita. Mungkin ini untuk pertama kalinya dalam sejarah, wanita telah berada di garis depan pembangunan sebuah masjid di Turki.

 
Salah satu pemimpin proyek adalah Zeynep Fadillioglu, desainer interior yang telah merancang restoran, hotel dan rumah mewah dari New Delhi, India, ke Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, dan London, Inggris.

Hak-hak perempuan di dunia Islam adalah suram, bahkan di Turki, yang memiliki pemerintahan sekuler, feminisme masih merupakan konsep langka. Tapi Zeynep Fadillioglu telah diam-diam ditarik dari kendala itu.: Dia wanita pertama di Turki yang merancang sebuah masjid. 


Pengalamannya sebagai  Desainer interior terkenal karena cara-cara pengaturan yang ideal, dia  memenangkan kompetisi untuk mendesain ulang struktur masjid di Istanbul. Dia bahkan merekrut perempuan untuk membantu dalam pembangunan. Dimulai tahun lalu, proyek ini baru saja selesai. Ini adalah bangunan yang cukup mengesankan, Secara halus mencampurkan teknik modern dan bahan ke dalam apa yang mungkin menjadi bahasa desain yang paling konservatif di dunia.





Quibla di dinding menghadap ke Mekah. Gapura yang Anda lihat adalah mihrab - fitur penting dari dinding quibla sebuah masjid. Di sebelah kanannya  adalah mimbar - mimbar untuk Imam:



Pemandangan dari balkon. Wanita dan pria dipisahkan dalam masjid; ibadah pria di lantai utama. Ruang yang ditempati oleh perempuan biasanya lebih kecil, tapi Fadillioglu memberikan perempuan ruang sama dengan lantai utama, dalam ukuran dan kecantikannya


Mimbar untuk Imam menyampaikan Tausiah





Mihrab menghadap ke arah Kiblat Masjidil Haram-Mekah dan Mimbar untuk Imam 


Desainer Masjid Sakirin Baru - Turki : Zeynep Fadillioglu