Thursday 26 July 2012

Konsep "WaterFront Resort" di Pegunungan

Waterfront Resort Townhome in Canada
Waterfront Resort-architectinterior.net
Pada umumnya waterfront resor menghadap sungai atau pantai di dataran rendah, Melihat gambar diatas, kita akan membayangkan bangunan resor di Gunung Lawu, Kabupaten Magetan-Jawa Timur. Konsep bangunan resor ini untuk di luar negeri yang ditata menghadap ke focal point yaitu danau. Sepanjang tepi danau diurug dan dilapisi pasir putih dari daerah lain, sehingga nampak seperti ditepi pantai tetapi berada di daerah dingin pegunungan.


Telaga Sarangan di Jawa timur merupakan kaki dari Gunung Lawu-nationalgeographic.co.id


Telaga Sarangan merupakan danau diatas ketinggian yang disekitarnya banyak dibangun resor dan perumahan penduduk.Dari gambar diatas nampak latar belakang Gunung Lawu dan hutan Pinus di sepanjang perbukitannya. Di danau ini terdapat banyak boat yang disewakan, tetapi sangat disayangkan sepanjang tepi Telaga/Danau tidak ditata dengan baik. Potensi alam yang indah ini belum dikelola dengan optimal.

Konsep Resor di Canada ini diharapkan dapat menjadi inspirasi pengembangan resor di danau pegunungan di Indonesia seperti di sekitar Danau Toba-Sumatera Utara, danau Tondano-Sulawesi Utara dan lainnya.
Waterfront Resort Townhome in Canada
Konsep Bangunan Waterfront Resor di pegunungan Canada-architectinterior.net
Gambar berikut ini adalah areal Resor Townhomes dengan konsep waterfront di Danau Okanagan di dekat Kelowna, British Columbia,- Kanada. 
Resor ini dibangun oleh Pengembang Trasolini Chetner. Suasana resor nampak seperti di pantai dengan pasir yang berwarna putih,dermaga  boat, tepi danau yang dangkal untuk berenang/bermain air dan dilengkapi kolam renang umum di tepi pantai. Landskap hijau nampak dominan dengan taman rumput dan pepohonan di sekeliling resor.  

Waterfront Resort Townhome in Canada
Semua bangunan resor menghadap ke focal point yaitu danau Okanagan. Kendaraan pribadi 
berada di desain hanya lewat dibagian belakang bangunan resor. Didepan bangunan resor terdapat  taman hijau sebagai"open space" dan kolam renang untuk kegiatan bermain atau acara tertentu yang dilakukan penghuni resor.   
Waterfront Resort Townhome in Canada,
Pada setiap bangunan resor terdapat teras untuk santai di lantai bawah dan dek teras di lantai atas.Teras dimanfaatkan untuk memandang leluasa ke arah danau dan untuk kehangatan dari penyinaran matahari.. Di depan teras bawah terdapat taman rumput yang luas untuk kegiatan olahraga pagi dan bermain bersama.
Waterfront Resort Townhome in Canada
Bagian depan dan belakang bangunan ini di tata dengan baik. Garasi dibuat tertutup untuk memberikan keamanan bagi pemilik kendaraan. Taman dibuat bertingkat untuk memberikan kesan luas dan alamiah, ditambah pada beberapa fasad menggunakan batu alam dan papan kayu. 
Waterfront Resort Townhome in Canada
Interior bangunan dibuat berjenjang yang memberikan kesan luas. Pada ruang keluarga dilengkapi tungku pemanas ruangan karena mengingat berada di daerah pegunungan yang relatif dingin. Pencahayaan alami dibuat cukup dengan kaca lebar dan jendela kaca penuh..Furnitur dibuat ringkas dan berkesan simpel untuk memudahkan penataan yang nampak rapi, bersih dan modis. 
Waterfront Resort Townhome in Canada