Friday 6 July 2012

KAEC : Kawasan Investasi Strategis di Tepi Laut Merah - Arab Saudi


Kawasan Investasi KAEC di Arab Saudi
Negara Arab Saudi tidak dapat selamanya mengandalkan sumber daya alam minyak yang bisa habis untuk membangun negaranya. Adanya posisi dan fungsi strategis sebagai pusat ibadah agama Islam dalam menjalankan rukun Haji dan Umroh, Pemerintah Arab Saudi mengembangkan perencanaan KAEC skala 20 tahun ke depan untuk menarik investasi dari negara lain dan pengembangan infrastruktur pendukung jemaah Haji.yang selalu meningkat setiap tahunnya (admin).


Iklan Disini



Desain Pelabuhan Utama KAEC  - constructionweekonline.com
Megaproyek ini dibangun di atas lahan seluas 168 juta m2 di sisi Laut Merah, King Abdullah Economic City (KAEC) adalah sebuah kawasan pengembangan perkotaan yang dibangun atas dasar prakarsa dan ide Raja Abdullah yang mencakup pembangunan pelabuhan laut, kawasan industri, kawasan hunian dengan konsep pendayagunaan iptek/SMART, kawasan pendidikan, kawasan resor serta pusat perdagangan di pulau komersial.
Pusat Bisnis KAEC  -  skyscrapercity.com
Lokasinya secara geografis sekitar 100 km utara Jeddah dan sekitar satu jam dari Islam kota suci Mekkah dan Madinah oleh mobil dan satu jam perjalanan dari seluruh kota-kota Timur Tengah dengan pesawat.Biaya pembangunan kawasan ini sebesar 27 Milyar Dollar AS.

KAEC merupakan proyek terbesar dan terluas dibandingkan tiga kota ekonomi lainnya, yaitu Madina Knowlegde City, Prince Abdul Aziz bin Musa Economic City di Hail, dan Jizan Economic City.
Salah satu tujuan dari pembangunan Kota Ekonomi adalah untuk menarik investasi asing dan membuka lapangan kerja bagi rakyat Arab Saudi. KAEC berpotensi menciptakan 1 (satu) juta lapangan kerja .
Rencana Perumahan di tepi pantai 
Masterplan (Rencana induk) yang disiapkan oleh pihak Emaar menjadi Landasan pengembangan KAEC. Masterplan itu sendiri berisi rencana pengembangan kota dengan berbagai proyek yang awalnya harus mendapatkan persetujuan dari pihak SAGIA .(Saudi Arabian General Investment Authority) salah satu perusahaan terbesar di dunia di bidang real estate.
Dalam perkembangannya, Raja Abdullah pada tahun 2008 menyerahkan kewenangan pemberian persetujuan tersebut kepada lembaga baru yang dibentuk sebagai regulator tunggal dan terpusat (One Single Regulator), yang dikenal sebagai Economic Cities Agency/ECA atau Badan  Ekonomi Kota. 
Proyek KAEC ini pertama kali dibangun pada tahun 2008 dan drencanakan selesai pada tahun 2025, Artinya proyek ini berjalan selama hampir 20 tahun.

Badan tersebut saat ini tengah membuat suatu peraturan yang menyeluruh dan komprehensif terkait pengembangan proyek Kota-Kota Ekonomi di seluruh Arab Saudi.
Sumber : Kompas.com , Kaskus.co.id dan lain lain
Transportasi

Model sistem transportasi multi terpadu di KAEC terdiri dari pelabuhan kontainer kelas dunia , kereta api modern untuk penumpang dan barang serta didukung jalan raya yang sangat baik. 



Saudi juga merencanakan proyek kereta api bawah tanah antara Jeddah dan Riyadh, kereta berkecepatan tinggi Makkah-Madinah dan jalur kereta api utara-selatan ke pantai timur ,bertujuan untuk menyelaraskan pergerakan barang dan penumpang, yang terhubung ke KAEC melalui rel menuju semua kota besar di arab saudi


Selain Sistem transportasi umum yang di atas, KAEC juga memiliki Taksi Air Scenic rides,yang memanfaatkan berbagai saluran air di sekitar pusat kota, laguna dan garis pantai sepanjang resor dan daerah pemukiman terpencil

Dalam rangka mempromosikan gerakan lingkungan dan mengurangi kemacetan di jalanan pada jam puncak, KAEC membangun akses jalur sepeda dan berjalan kaki yang mudah dan nyaman di akses dengan dilengkapi taman-taman dan ruang terbuka di sekitar kota sehingga bersepeda dan berjalan kaki menjadi menyenangkan .

Pelabuhan 
Luas Pelabuhan ini diperkirakan seluas 13,8 kilometer persegi, dan akan menjadi pelabuhan terbesar di kawasan ini dengan kapasitas lebih dari 10 juta unit kontainer per tahun. Pelabuhan ini akan memiliki fasilitas untuk menampung kapal kargo dan kapal tongkang,

Pelabuhan ini akan diperlengkapi untuk menerima kapal terbesar di dunia.komponen penting dari Pelabuhan ini yaitu akan menjadi terminal penerimaan haji dengan kapasitas penampungan hingga 300.000 peziarah untuk melakukan perjalanan mereka ke Mekah dan Madinah,yaitu kota suci Umat Muslim.


Air Bersih dan Tenaga Listrik

Pembangkit listrik &  salinitas air laut menjadi air tawar
Pasokan air dan listrik untuk KAEC dan populasinya akan berasal dari dua unit desalinasi dan dua pembangkit listrik, dibangun berdekatan dengan pelabuhan laut.

baik sumber air bersih maupun sumber listrik untuk memasok ke seluruh KAEC memanfaatkan air laut dengan di olah menggunakan unit desalinasi yang kemudian menjadi air bersih dan sebagian digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik


Bisnis Park di KAEC

Banyak pilihan untuk bersantai, menikmati dan bersenang-senang di KAEC.Tempat hiburan buatan manusia di dalam kota dilengkapi dengan keindahan alam di sekitar kota, dapat menghibur warga dan turis di KAEC.



Terdapat juga lokasi resort untuk menyelam, berlayar dan memancing di laut. Ada 18 dari 'signature-hole',yaitu taman spektakuler golf dengan program eksklusif clubhouses .Ada juga deretan-deretan kapal pesiar eksklusif sepanjang perbelanjaan menawarkan makanan laut dan hiburan.



resor tepi pantai

Bila ingin menikmati dengan seluruh keluarga ada pilihan makanan yang fantastis,dengan menyajikan makanan dari hampir setiap sudut dunia, taman hiburan, taman dan laguna indah.serta fasilitas olahraga kelas dunia. Shopping merupakan salah satu pilihan lain dalam menawarkan kemungkinan tak terbatas. 

 













Rencana Kawasan perumahan
Distrik kota merupakan inti pusat dari gabungan unsur kenyamanan dan kemewahan yang unik di KAEC. Setiap distrik / kota dirancang untuk menjadi unit sosial lengkap yang terdiri dari rumah-rumah, sekolah, fasilitas kesehatan, kantor, perbelanjaan dan hiburan semua terintegrasi ke dalam satu komunitas.

Luas daerah di dalam distrik kota ini sekitar sebesar 3,7 juta meter persegi dan terbagi dalam dua komponen kota yaitu Bay La Sun dan Esmeralda.
File:A house in KAEC.JPG
Bangunan rumah di Esmeralda
Bila ingin berbelanja,ada lokasi tersendiri yang dialokasikan untuk berbelanja dan outlet ritel di seluruh zona dan kabupaten di dalam kota. Dan juga, pasar-pasar tradisional bersebelahan dengan mal yang sangat modern dengan membawa produk-produk terbaik, merek dan jasa dari seluruh dunia maupun dari dalam negeri.





video  tentang KAEC