Monday 16 July 2012

Desain Kindergaten Bai Tang One, Seperti Pohon Kacang di Suzhou 133 China


Taman Kanak Kanak (Kindergarten) di  BaiTang One, Suzhou 133 
Terintegrasi dalam pengembangan perumahan di komplek Suzhou 133: Baitang One, tujuan dari desain taman kanak-kanak (Kindergarten) oleh Konsultan perencana CPG  adalah untuk menyediakan sarana lingkungan yang berkualitas, mempunyai daya inspirasi tinggi untuk pendidikan usia dini di CBD baru Suzhou, China. Konsep desain didasarkan pada cerita klasik terkenal tentang anak-anak  yaitu  Jack dan Pohon Kacang. Selanjutnya gambar desain secara lengkap dapat dilihat pada uraian berikut ini. 

Dengan menggunakan tanaman merambat, daun dan biji sebagai elemen desain arsitektur dan lansekap, taman kanak-kanak dibuat  terkait dengan "Magic World" dalam kisah Jack dan Pohon Kacang .

Luas bangunan total 4717 m², TK ini dapat mengakomodasi 480 anak di 16 kelas. Menghadap ke  timur-barat ,lokasinya memanjang dan sempit yang terletak berdekatan dengan fase 2 dan 3 Suzhou 133: Baitang  ang merupakan salah satu perumahan yang berkembang . Pintu masuk utama taman kanak-kanak yang terletak di sebelah utara, dengan akses langsung ke jalan utama.

Kompleks sekolah ini diselenggarakan di sepanjang tulang belakang sirkulasi sentral, dengan cabang blok kelas menyebar keluar dari kedua sisi dan melampirkan berbagai halaman. Sebuah bangunan tiga lantai, yang terdiri dari kantor penerimaan, administrasi dan guru, terletak di sebelah utara kompleks. Enam blok lainnya  terdiri dari 16 ruang kelas, ruang multimedia dan perpustakaan, disusun di sepanjang tulang belakang koridor pusat yang memanjang dari utara ke selatan. Tatanan bangunan seperti kacang dan daun yang menempel pada tanaman yang tumbuh merambat.



Pintu masuk utama adalah serambi setinggi 2 lantai, memberikan sekolah nampak megah dan ramah. Orientasi selatan "kelas kacang" dirancang untuk menangkap cahaya matahari maksimum. Dan di antara "kacang kelas", serangkaian halaman publik dan semi publik dari berbagai tema yang  tertutup dan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan untuk mengakomodasi kegiatan yang berbeda dari TK. Terletak di bagian selatan kompleks adalah taman bermain sekolah umum untuk kegiatan outdoor.




Bentuk blok kelas dirancang agar terlihat seperti "buku cerita". Dalam desain elevasi, bidang horisontal ditekankan untuk menghubungkan seperti halaman buku. Penyelesaian akhir  untuk blok ruang kelas dicat dalam pola jalur kayu dan warna. Hal ini dilakukan untuk menciptakan nuansa bersahaja dan penampilan alami yang tenang dan sejuk. Untuk koridor pusat, warna-warna cerah dan pola seperti panel aluminium berwarna  dan kaca berwarna yang digunakan untuk membuat kegembiraan visual dan energi.

Arsitek                  : CPG Penasehat
Lokasi                  : Suzhou Industrial Park, Jiangsu, Cina
Pengawas manager: Lee Joon Shin
Tim Arsitektur      : Huang Hsiang Ju, Liu Chang
Klien: Frasers Properti Co Ltd; Singlong Pengembangan Properti (Suzhou) Co Ltd
Situs Area            : 7.000 m²
Lantai Kotor Area: 4.717 m²
Plot Ratio             : 0,6
Penyelesaian      : 2012