Tuesday 21 February 2012

Konsep Desain Pelabuhan Kaohsiung-Taiwan





Indonesia merupakan negara kepulauan atau negara maritim.Pelabuhan sebagai pintu gerbang suatu pulau dengan pulau yang lain apabila  ditata dengan baik dan desain yang membanggakan akan memberikan semangat bagi masyarakat untuk fokus di bidang ekonomi kelautan.


Biro Arsitek HMC yang berbasis di Los Angeles membuat desain Pelabuhan Kaohsiung dan Cruise Service Terminal  di Taiwan. Desain ini terpilih dari  lima finalis. 
Proposal HMC Architects merencanakan visi ikon gateway  ke Kota Kaohsiung, dan jendela ke dunia-luar yang divisualisasikan dari dalam. Ini menciptakan sebuah datum perkotaan baru yang menciptakan suasana yang memungkinkan adanya interaksi antara pengunjung, warga, dan Kota. Pelabuhan 


Kaohsiung sebagai pintu gerbang ini dirancang untuk mendorong kegiatan  secara fisik dan ekonomis agar tercapai transformasi Kota tepi laut dari masa lalu sebagai pusat kegiatan industri menjadi masa depan yang lebih menarik. 

Rancangan ini meliputi kegiatan  pelayaran dan terminal feri internasional, tersedia 700-ruang parkir bawah tanah dan kantor petugas pelabuhan.  Suasananya dirancang untuk memberikan ketenangan dalam kegiatan perjalanan, ruang interior bermandikan cahaya alami yang nyaman dan pemandangan ke laut dan ke kota untuk menciptakan sebuah pengalaman mengesankan bagi turis maritim dan komuter. Sirkulasi di dalam ruang pelabuhan direncanakan agar mudah  di ikuti oleh calon penumpang, memepertimbangkan jalur jalur keluar pelabuhan bila ada bencana atau kebakaran. dan mengakomodasi datangnya sesekali turis kapal pesiar dalam jumlah besar.

Sebagai struktur berkelanjutan yang bergema mulus dengan konteksnya, desain bangunan mengikuti irama alam  dengan mempertimbangkan penyinaran matahari, angin, bangunan kaca transparan yang memberi kesan luas dan dilengkapi berbagai jenis tanaman yang sekaligus mempromosikan perlunya keanekaragaman hayati. 
Sumber. http://forum.vivanews.com/showthread.php?


Inilah desain-desain Arsitektur yang sangat Inovatif dan Megah tersebut.