Monday 21 May 2012

Bougenville Sebagai Pelengkap Penghijauan Kota



Foto : my.englishclub.com

Bougenvil atau lebih dikenal dengan nama bunga kertas. Tanaman rambat yang berduri ini dapat tumbuh merambat dari satu meter sampai 12 meter. Bougenvil memerlukan pemangkasan teratur untuk mempertahankan bentuk yang cantik. Corak bunganya dapat muncul dalam warna merah, pink, orange, putih, biru, ungu/magenta dan kuning. Daun akan dominan  atau evergreen bila curah hujan terjadi sepanjang tahun, atau gugur jika pada musim kering. Dengan perlakukan khusus bisa  berbunga sepanjang tahun.Mungkinkah dijadikan ikon untuk kota tertentu di Indonesia ?



Tanaman ini ditemukan di Brasil pada 1768, oleh Philibert Commerçon, botanis Prancis yang menyertai laksamana Angkatan Laut Perancis dan penjelajah Louis Antoine de Bougainville selama pelayarannya.


Sedikit perawatan ringkas, penyiraman air dan pemupukan sempurna mampu mengembalikan kesegaran tanaman bunga kertas ini dalam jangka waktu kurang dua minggu. Dan jika ingin tanaman bunga kertas ini berbunga seterusnya, kita hanya perlu mengurangi pemberian air dan pupuk lantas meletakkan pot tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.



Bougenville untuk tempat peneduh .uedratna.wordpress.com 


Bougainvilleas adalah tanaman hias populer di sebagian besar wilayah dengan iklim yang hangat, termasuk Ethiopia, Indonesia, Aruba, Filipina, Thailand, Pakistan, India, Sri Lanka, Taiwan, Vietnam, Malaysia, Australia, Singapura, wilayah Mediterania, Karibia, Meksiko, Afrika Selatan, Kuwait, dan Amerika Serikat di Arizona, California, Florida, Hawaii, Louisiana, South Carolina, dan selatan Texas


Berbagai jenis Kembang kertas merupakan bunga resmi pulau Grenada, pulau Guam, dari Lienchiang dan Pingtung County di Taiwan, Ipoh, Malaysia [1] dan dari kota-kota Tagbilaran, Filipina; Camarillo, California; Niguel Laguna, California ; San Clemente, California; dan Naha, Okinawa.


 
 Bougenville di Gerbang Kampus ITB Bandung wahyupratomo.tumblr.com







Taman The Grand Arbour-Brisbane. foto : http://atri-septiani.blogspot.com


Taman The Grand Arbour di South Bank Parkland -Brisbane Australia
Didirikan pada tahun 1999, bangunan ini merupakan maha karya seorang arsitek handal yg bernama Denton Corker Marshall, dan telah banyak mendapatkan penghargaan di bidang arsitektur.
Terdiri dari 433 tiang pancang melengkung yg terbuat dr baja dan dipenuhi oleh ribuan bunga bougenville yg indah dan sedap dipandang mata, The Grand Arbour memiliki panjang sekitar 1 km, membentang dari Vulture Street hingga ke Cultural Forecourt, dan menjadikannya sbgTaman Grand Arbour di Brisbane satu tempat yg sangat nyaman dan menarik untuk dilalui oleh para
pejalan kaki.