Thursday 31 May 2012

Kota Futuristik Tianjin China yang Akan Diwujudkan



China kembali bikin kejutan. Kali ini, negeri itu mematangkan konsep eco-city (kota ramah lingkungan) pertamanya sebagai gambaran kota masa depan. Dirancang oleh Surbana Urban Planing Group, kota futuristik di Tianjin yang sangat ramah lingkungan itu dicanangkan selesai dibangun sepuluh tahun lagi (2020).


Rancangan ini tak main-main, kota sustainabel seluas 30 km persegi itu akan sepenuhnya memanfaatkan teknologi hemat energi dengan pembangkit listrik tenaga angin dan tenaga matahari, serta daur ulang air hujan.



Bagian Solarscape-nya akan menjadi pusat keramaian publik yang terletak di tepi pantai, daerah tersebut akan menampilkan panggung mengambang untuk acara-acara publik. Sementara Urbanscape yang padat merupakan inti kota dengan bangunan yang dihubungkan oleh jembatan layang yang akan mengurangi kebutuhan kemacetan di jalan . Urbanscape ini juga akan memanfaatkan ruang vertikal.


Lantas, Earthscape akan menjadi area perumahan pinggiran kota. Arsitekturnya dirancang untuk memaksimalkan ruang publik dan ruang hijau. Untuk menghidupkan suasana, koridor Windscape kota ini akan dilengkapi sistem lampu rel yang canggih.
Kota ini dijamin perancangnya akan menjadi kota idaman yang tenang dan sangat peduli pada aspek ekologi.* (www.surbana.com/Yahoo/Int/ BS)