Monday 14 May 2012

10 Museum Dengan Arsitektur Artistik



Museum merupakan elemen dari bangunan umum perkotaan.yang berfungsi sebagai pendidikan sejarah, pengetahuan, wisata dan sebagainya.  Berbagai museum dibangun oleh pemerintah, perusahaan swasta maupun individu yang berisi koleksi pribadi atau bidang penelitian tertentu. Di Amerika menjadi suatu kebiasaan setiap presiden setelah selesai jabatannya mendirikan museum, demikian pula di Asia mulai ada kecenderungan setiap konglomerat yang berhasil selalu membuat museum seni atau pengetahuan untuk diwariskan dan diamalkan bagi generasi berikutnya. Di Indonesia, berbagai museum kebudayaan Indonesia, teknologi infrastruktur, pengetahuan dll dibangun oleh ex.Presiden Suharto.di Taman Mini Indonesia Indah..
Dalam dua dekade terakhir, mulai banyak museum di dunia dibangun dengan donasi, sehingga mereka bisa memperluas koleksi mereka, arsitektur museum di seluruh dunia menjadi hampir sama pentingnya dengan seni dan sejarah yang dikandung di dalamnya. 

Berikut adalah beberapa desain museum yang paling artistik di seluruh dunia. 

1. Royal Ontario Museum Extension, Toronto: 



Royal Ontario Museum memberikan kesan arsitektur yang komunikatif, yang menakjubkan, artistik dan  menarik  pengunjung untuk datang ke museum tersebut. 

2. The Rosenthal Contemporary Arts Center: 


Terbuat dari beton dan aluminium hitam matte dengan luas 85.000 kaki persegi bangunan yang  saat ini  digunakan untuk pameran seni kontemporer. Gedung ini  di desain oleh Zaha Hadid yang merupakan  arsitek wanita pertama yang menyelesaikan sebuah proyek museum utama di Amerika Serikat. 

3. The Akron Art Museum:




Kaca yang menonjol dan struktur baja secara mencolok disandingkan dengan bata dan batu kapur  di Akron Art Museum pada akhir abad ke sembilan belas. Museum ini memiliki ruang pameran yang tampak mengapung di udara dan "Atap di Awan", dengan lilitan baja kantilever yang membentang di atas kedua bangunan tua dan baru. 

4. Guggenheim Museum Bilbao: 


Banyak yang mengatakan bahwa Guggenheim Museum Bilbao memulai tren pembuatan bangunan rumah sama pentingnya dengan penciptaan seni. Desain menyatukan bahan secara geometris, dengan dinding reflektif yang dibalut titanium berkilauan di bawah sinar matahari. 

5. National Museum of Art, Osaka: 


Osaka National Museum of Art menyerupai serangga raksasa logam, meringkuk di tanah dengan sayap melebar s ke udara. Terbuat dari tabung baja berlapis titanium, Penutup  luar bangunan berbentuk patung sebagai eye-catching yang mencirikan adanya museum. 


6. Museum of Middle East Modern Art in Dubai:


Meskipun belum dibangun, Museum direncanakan dibangun di Timur Tengah sebagai bangunan seni Modern  di Dubai . Berbagai kalangan berbeda pendapat, ada yang memuji ciri khas desain tersebut tetapi ada yang mengatakan bangunan museum seperti sebuah unit AC raksasa. 


7. Weisman Art Museum, Minneapolis:


Weisman Art Museum adalah salah satu bangunan Midwest Amerika yang paling terkenal. Sisi yang menghadap ke University of Minnesota Twin Cities dengan bahan batu bata untuk menyatu dengan sisa bangunan, namun di  sisi berlawanan merupakan bentuk abstraksi berkilauan dari air terjun dan ikan. 

8. The New Museum on the Bowery, NYC:



Museum Baru di Bowery di KOta New York terlihat seperti tumpukan kotak roti berwarna  putih yang  naik ke langit, tertutup lapisan jaring berbahan aluminium untuk menyamarkan jendela. 

9. The Denver Art Museum, Denver: 

Desainnya mencerminkan puncak gunung batu terdekat yang  terdiri dari bentuk geometris besar dibalut titanium. Ekspresi dramatis yang menggambarkan bentuk Modern dan Kontemporer. Museum berisi  koleksi seni serta kumpulan gambar Arsitektur dan Desain. 

10. Burke Brise Soleil, Milwaukee Art Museum: 

Ini adalah tabir surya,  sayap bergerak seperti bertengger di atas kubah museum hover Angin Hall. Memiliki lebar sayap sebanding dengan sayap  Boeing 747-400 - melebar  217 kaki pada titik terlebar.