Wednesday 16 May 2012

London VeloPark : Bangunan untuk Olimpiade Sepeda yang Eksotis


london 2012 velopark

Di Jakarta, pecinta sepeda  memanfaatkan velodrome untuk berlatih di lintasan track Rawamangun. Lintasan sepeda outdoor ini yang telah ada sejak tahun 1973 telah direnovasi dan dipakai pada bulan November untuk venue Sea Games XXVI 2011 yang selanjutnya dibuka sebagai fasilitas olahraga untuk umum, dan untuk menampung minat generasi muda terhadap olahraga balap sepeda. Hal ini berbeda dengan VeloPark di London yang sebagian besar dibuat dalam bentuk indoor (tertutup) 
Sejak dibuka untuk umum, track velodrome ini sudah mulai banyak digunakan oleh pengguna sepeda fixie. Pengguna sepeda fixie akan lebih aman jika menggunakan trek velodrome dibandingkan mereka balapan liar di jalan raya, maka dari itu dibukanya velodrome Rawamangun akan mengembangkan image positif bagi olahraga sepeda yang saat ini lebih banyak dikenal melalui komunitas dan funbike saja, selain itu dapat memunculkan bibit-bibit baru atlet berbakan bagi kota jakarta dan Indonesia.

Velodrome Rawamangun.http://vibizportal.com

VeloPark di London
Kabar baik bagi semua pengendara sepeda. VeloPark akan menjadi hub bersepeda di London. Desain terbaru dari VeloPark telah dirilis oleh London Hopkins Architect. 
Taman ini terletak di utara dari Taman Olimpiade yang  terdiri dari Velodrome dengan 6.000 kursi. Velodrome akan menjadi tuan rumah Olimpiade London 2012 dan Pra olimpiade acara trek bersepeda dalam ruangan. Sirkuit jalan dan lapangan sepeda gunung juga ada dalam VeloPark akan menggabungkan fasilitas bersepeda di satu hub bersepeda. VeloPark akan dihubungkan dengan semua rute bersepeda di London dan akan menyediakan berbagai model fasilitas bersepeda baru kelas dunia 
london 2012 velopark
                         VeloPark di London

Teks dari Arsitek Hopkins :

Tim penyusun proyek VeloPark senang untuk mengungkapkan  desain VeloPark yang saat ini sangat menarik untuk bersepeda di Inggris setelah tim kami sukses luar biasa di Beijing. Kami berharap tempat dan fasilitas yang kami ciptakan akan menghasilkan kegembiraan yang lebih pada tahun 2012 dan kemudian terus menjadi inspirasi bagi generasi masa depan pengendara sepeda.


Visi VeloPark ini selalu menciptakan tempat dimana bagi pemula dan atlet elit akan sama-sama di satu tempat. Pada tahun lalu  kami telah mengerjakan desain dengan Chris Hoydan GB. Tim ​​ahli secara teratur mengadakan pertemuan dengan kelompok bersepeda lokal yang akan menggunakan fasilitas tersebut setelah Olimpiade.

Bentuk Velodrome telah dirancang untuk mengekspresikan diorama dan keanggunan geometri trek dan tim proyek diharapkan dapat menyelesaikan dengan baik untuk mencapai rekor dunia. Setelah tahun 2012 fasilitas ini akan terus digunakan untuk  kompetisi internasional dan ketika semua sirkuit outdoor selesai,VeloPark akan menjadi pusat yang menarik untuk semua bentuk bersepeda di London.
london 2012 velopark

london 2012 veloparklondon 2012 velopark