Tuesday 28 February 2012

Konsep Perluasan Perpustakaan Nasional Austria di Wina


Ide ide kreatif selalu digali dari warga kota dalam bentuk ikut berpartisipasi memilih model bangunan yang disayembarakan sehingga masyarakat merasa sangat memiliki bangunan dan fasilitas tersebut (self belonging). Dengan adanya gambar gambar ini diharapkan arsitek, desainer kota,  Pemerintah Kota dan masyarakat di Indonesia diharapkan dapat terinspirasi untuk membuat karya karya yang spektakuler di era global saat kini.



Desainer  Prechteck membuat konsep perluasan Perpustakaan Nasional Austria yang terletak di Hofburg di Wina berisi sejumlah fasilitas budaya termasuk ruang pameran inti di bawah tanah seluas 1200 m2, aula, ruang kecil multifungsi 600 m2, studio kreatif, restoran, dan toko.


Desainnya merupakan perluasan dari  taman yang kemudian melengkung ke arah utara-barat akhirnya menurun / drop-off dengan twist yang telah melintasi lengkungan kembali ke permukaan tanah mencair dalam bentuk lanskap. Semua fasilitas disimpan dalam satu struktur mulus, diciptakan pada setiap titik ada pengalaman spasial yang berbeda terhadap Hofburg dan mengarahkan inisiatif pengunjung untuk foyer dan untuk berbagai program kegiatan. (Bahan dari evolo.us)