Thursday 26 April 2012

Outlet Mall Semakin Populer di Jepang




di Bandung, Factory Outlet (FO) beberapa tahun ini menjadi ciri khas untuk tujuan wisata belanja di Indonesia bahkan dikunjungi wisatawan dari Malaysia, Brunei dan negara lainnya. Anehnya  pola FO yang sama dicoba dibuat di kota lain ternyata tidak dapat berkembang pesat. Hal ini sedikit berbeda dengan di Jepang yang berkembang adalah model Outlet Mall.

Outlet mall telah menjadi populer di Jepang, karena orang-orang menjadi lebih sadar akan anggaran belanja mereka.Namun toko-toko tersebut biasanya terletak di pinggiran kota terpencil, dan mungkin tidak mudah untuk sampai ke sana. Akan tetapi, salah satu pusat perbelanjaan di Tokyo telah membawa Outlet mall tersebut ke kota.

Dikutip dari www.channelnewsasia.com, kompleks perbelanjaan tersebut menciptakan kembali nuansa abad pertengahan di Eropa. Dibuka pada tahun 1999, dengan sekitar 160 butik dan restoran. Tetapi pada bulan Desember, seluruh lantai tiga direnovasi untuk menampung hampir 50 toko outlet - yang pertama di Tokyo.

Stasiun kereta terdekat hanya berjalan tak jauh dari sana. Itu adalah aspek positif dari outlet mall baru ini.
Nanase Taniguchi, humas dari Venus Fort mengatakan: "Kami memiliki lebih banyak pelanggan daripada yang kami kira pada awalnya. Kami memiliki lebih dari 170 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ada banyak pelanggan yang mengunjungi, dan kami menghargai itu."

Seperti outlet mall lainnya, barang-barang disini di diskon besar-besaran, kadang-kadang antara 50-70 persen dari harga eceran. Dan bukan hanya keterjangkauannya saja yang menarik pembeli, tetapi pilihan barangnya juga.

Seorang pembelanja berkata: "Ada barang-barang diskon di toko-toko outlet. Ada juga barang terbaru dijual dengan harga reguler, sehingga kami dapat memilih dari keduanya. Itulah yang saya sukai."
Salah satu toko yang menjual pakaian bercorak bunga-bunga bahkan menawarkan lebih banyak.

Mie Kobashi, pemilik toko Auntie Rosa, mengatakan: "Ada cukup banyak barang baru, dan juga barang terbatas pada toko outlet ini."
Bagi beberapa toko di sini, ini adalah pertama kalinya mereka bereksperimen dengan toko outlet. Di antara mereka adalah toko-toko yang mewakili gaya modis Harajuku dan Shibuya.

Untuk para pembeli di Tokyo, Venus Outlet menjanjikan akses yang mudah ke barang-barang eksklusif dengan potongan harga, ditambah kesempatan untuk berbicara dengan pegawai-pegawai mereka yang berpenampilan menarik yang akan memberikan tips tentang tren terbaru tiap musimnya