Monday 30 April 2012

"Green Mall" di Beberapa Negara


Trinoma
Green Oasis di Ayala Mall Manila
Mal ini salah satu yang berciri "Green" di Metro Manila yang berpenduduk 12 juta jiwa.Di dalam mal ada ruang terbuka di lantai 5 yang ditanami pepohonan dan di lantai lainnya terdapat air mancur yang
memberikan kesan sejuk dan alami bagi pengunjungnya.(Sumber : Manila-photos)

kuala-lampur-mall
Konsep  Green Shopping Mall di Kuala Lumpur-Malaysia



Green Shopping Mall di Johor Bahru-Malaysia ( suteramall.com)


canal city, hakata, canal mall, green mall, green wall, vertical garden, eco design, green design, sustainable design, japanese architecture, eco architecture, green architecture, sustainable architecture, energy savings
Canal Mall di Jepang Selatan (http://inhabitat.com)

Di sekeliling kanal terdapat 250 toko dan bangunan untuk bioskop, amusement, 2 hotel, showroom dan perkantoran. Di tengah tempat terapung di kanal terdapat pertunjukan live-music dan ditepi canal juga terdapat berbagai restoran yang menyajikan berbagai masakan.
Kanal air mengurangi panas dan mengurangi pemakaian AC, ada daya tarik tambahan di kanal seperti air mancur yang bergerak mengikuti irama lagu atau air mancur berjoget..





Green Mall di Chiangmai-Thailand


          City Square Mall - Singapura

City Square Mall adalah mal pertama di Singapura yang mendapatkan penghargaan Green Mark Platinum Award dari Building and Construction Authority. Dari pembangunannya saja terbuat dari dinding kering hasil daur ulang. Selain itu pembuangan sampah juga di pasang alat untuk recycle limbah industri. Mal ini juga punya green roof yang memiliki solar panel, yaitu alat yang merubah energi matahari menjadi energi listrik.


           Orchard Walk Mall, Indonesia
Di Indonesia juga ada Green Mall namanya Orchard Walk Mall, yang terletak di Bogor Nirwana Residence. Mal ini berada di bawah kaki Gunung Salak yang memang daerahnya masih sangat hijau  Suhu udaranya yang sejuk, maka mal ini tidak memakai AC (Air Conditioner). Sebaliknya, mal ini mengoptimalkan pembangunan ruang terbuka untuk sirkulasi udara. Jadi bisa mengurangi efek rumah kaca.