Sunday 29 April 2012

Konsep Mal yang Ramah Lingkungan Diminati Masyarakat




Di Jakarta pada saat ini telah ada 170 mal yang melayani kota Jakarta seluas 661,52 Kilometer pesegi dengan penduduk 10 juta jiwa.Pada tahun 2012-2013  akan dibangun lagi sebanyak 21 mal baru. dengan luas lantai sebesar 827.376 m2 (Sumber :Research Colliers International Indonesia).


Persaingan mal yang ketat tersebut memerlukan strategi dalam mendesain mal agar
banyak dikunjungi masyarakat. Salah satunya adalah membuat konsep mal yang ramah lingkungan dengan ruang ruang hijau yang nyaman bagi pengunjung.


Mal tidak lagi hanya tempat berbelanja tetapi diharapkan juga menjadi daya tarik untuk wisata keluarga, tempat jalan jalan remaja, tempat bermain anak anak, tempat makan bersama, tempat pameran, tempat ajang kegiatan dan berkumpulnya beragam komunitas. Seperti komunitas costum player, sepeda, yoyo, dance, fotografi, dan komunitas binatang peliharaan dan sebagainya. Keuntungan dari mal tidak hanya dari tenant tetapi telah terintegrasi dengan penjualan apartemen, Perkantoran, hotel, kondominium dan sebagainya. Berikut ini desain ramah lingkungan yang ada di mal Jakarta.





Gambar : Central Park Mal-Jakarta



Mal dilengkapi sarana umum berupa kolam air dengan puluhan ikan Koi menjadi daya tarik keluarga untuk berkunjung berulang ulang karena anaknya yang ingin bermain di tempat tersebut.Setelah capek berjalan jalan, mereka lapar dan haus pergi makan di Food Court.    

Taman Tribeka (1,5 Ha) di Central park Mall


Kuningan City Mall di jl.Casablanca-Jakarta


The Baywalk Mall 6 lantai di pesisir Teluk Jakarta
Bangunan Mal terlihat kecil, tetapi beberapa Tower apartemen tampak menjulang dengan cukup rapat di sekitarnya.Ruang terbuka dibangun menyatu sehingga nampak luas kearah pantai.


Green Bay Pluit

terinspirasi dari Yokohama Bay, Mal dengan konsep LIFESTYLE ENTERTAINMENT 24 Jam dan mal satu-satunya di Jakarta yang memiliki panorama laut dan dermaga sendiri.
Fasilitas lengkap sambil berekreasi di Green Bay Pluit. Terdapat restoran dan cafe ternama, Kids zone entertainment, boutique, karaoke, billyard, plaza, spa & fitness center menjadikan Green Bay Pluit sebagai pusat lifestyle dan entertainment.

Green Bay Pluit menyediakan hutan kota seluas 3 Ha, taman yang sejuk dan sekelilingnya ditanami tanaman dan pohon-pohon yang tinggi, membuat pengunjung menikmati lingkungan yang hijau, sehat dan nyaman.
Dari berbagai sumber : greenbaypluitapg, viva news