Wednesday 4 April 2012

"Bandung Techno Park" Fokus ke Pengembangan Telekomunikasi Modern


Telekomunikasi merupakan bidang kegiatan yang berkembang dan tumbuh pesat di dunia dan di Indonesia. Peluang ini akan dimanfaatkan Indonesia dengan membangun pusat pengembangan bidang telekomunikasi dalam suatu kawasan Techno Park. 


Di kawasan Bandung Selatan dibangun kawasan
pengembangan kegiatan untuk mengurangi kepadatan kota Bandung.Pusat kegiatan ini untuk mendukung hasil penelitian yang terintegrasi antara dunia industri dan perguruan tinggi sekaligus mendukung upaya menjadi kampus kelas dunia (world class university), Pemilik Pusat kegiatan yaitu Yayasan Pendidikan Telkom telah menyiapkan berbagai langkah. Salah satunya melalui pembangunan Bandung Techno Park (BTP).

Sampai Maret 2012  dari 10 gedung yang akan dibangun, baru satu gedung dalam proses pembangunan dengan total dana mencapai Rp11 miliar. 
Di BTP tersebut, akan dipamerkan hasil karya mahasiswa dan proses pembuatan hasil karya mahasiswa terkaitinformation and communication technology (ICT). Melalui pembangunan BTP tersebut, pihaknya mengharapkan mahasiswa dan dosen dapat menciptakan berbagai karya yang dapat dipergunakan dunia industri dan pemerintahan.
Dengan BTP diharapkan akan mendorong karya dengan banyak versi dari mahasiswa dan dosen serta dapat dipakai oleh dunia industri.


Bandung Techno Park merupakan wadah yang mewujudkan masyarakat informasi Indonesia dengan membentuk tenaga ICT yang berkompeten dan berdaya saing. Lokasi BTP berada di kawasan Pendidikan Telkom, Jalan Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Bandung. Ir.Jangkung Raharjo, MT yang merupakan Direktur Utama dari BTP menegaskan BTP bukan hanya milik IT Telkom, perguruan tinggi lain juga bisa bergabung di BTP. Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki keuanggulan yang berbeda-beda.  Setiap keunggulan bisa digabungkan untuk bersama-sama mengembangkan BTP.
Secara keseluruhan ada 8 fokus bidang bisnis BTP, yakni :
Research and Development (R&D), Educational Trainning/Training centre, Consultancy, Facility Provider, Business Mediation, Information Distribution, Certification, dan Production Support. Awalnya Bandung Techno Park (BTP) hanya terdiri atas dua bagian yaitu Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) dan Pusat Desain Telekomunikasi (PDT). Dan sekarang, BTP telah membentuk suatu bagian lagi yang dinamakan e-Camp(Inkubator Bisnis).


TAHAP PEMBANGUNAN BANDUNG TECHNO PARK



VIEW PEMANDANGAN BANGUNAN BANDUNG TECHNO PARK



            



Lokasi 
Kawasan Bandung Techno Park IT Telkom berada di Jl. Telekomunikasi No. 1 Dajeuh Kolot, Bandung
Email :bandungtechnopark@gmail.com atau bandungtechnopark@ymail.com