Saturday 28 July 2012

Desain Masjid di Dubai yang Terinspirasi Situs Maya dan Aztects


Pada saat ini desain masjid lebih bervariatif  tetapi tanpa meninggalkan kaidah kaidah yang harus ada dalam bangunan masjid. Di indonesia ada desain masjid tua perpaduan dengan bangunan agama Hindu yaitu Masjid Agung Demak, di China ada Masjid Xien yang merupakan perpaduan budaya Arab dengan China seperti kuil.yang  dibangun 1.000 tahun yang lalu. Berikut ini dibahas tentang konsep masjid di Dubai yang terinspirasi situs Bangsa Maya dan Aztecs.  

Gerbang Masjid Demak-Jawa tengah memadukan budaya Islam dan Hindu



Masjid Xien di China, perpaduan budaya Islam dan China


Masjid Pantai  di Di Dubai yang terinspirasi Kuil Bangsa Maya,Aztecs yang meramalkan dunia kiamat di tahun 2012

Konsep masjid di Dubai ini dibuat oleh konsultan Perencana yang ada di Abu Dhabi yaitu Biro Arsitek BEAD & Engineers. Masjid ini disebut "Beach Masjid" .Desainnya tidak seperti masjid pada umumnya, tetapi lebih mengingatkan kepada situs bangsa Maya dan Aztecs yang terkenal dengan kuil kuilnya yang besar pada jaman dulu.



Desain bangunan  tampak minimalis dengan tambahan tulisan kaligrafi yang indah sebagai ciri khas budaya Islam. Bagian depan sampai taman memiliki 5 pilar yang menyoroti 5 Rukun Islam.Tempat itu terasa indah dan nampak kubah yang terbalik dengan tulisan huruf Kaligrafi diatasnya..Dari :chuknum.com