Sunday 15 July 2012

Masjid Xian yang Indah, Perpaduan Budaya Islam & Arsitektur China



Masjid Xian di China -myhouseworld
Kalau anda tour wisata ke obyek wisata muslim di China, jangan lupa berkunjung ke masjid Xian. Masjid  ini adalah masjid pertama di China yang menjadi salah satu situs peninggalan penting yang telah berumur lebih dari 1.000 tahun  dan terjaga dengan baik sampai saat ini.


Traditional Chinese Architecture in Xian Mosque
Pintu masuk ke Masjid Xian China dengan ornamen dari batu dan kayu - myhouseworld
Bentuk dan Ornamen Masjid Xian tidak seperti masjid pada umumnya, dan bila dilihat dari luar tampak seperti bukan masjid tetapi seperti kuil.


Great Mosque of Xian
Halaman di didalam area masjid Xian- chinatourguide.com
Xian adalah sebuah masjid kuno dan berumur  lebih dari 1.200 tahun, tetapi bentuk bangunan masih terlihat indah dan asli sampai saat ini. Bagaimana bangunan masjid ini dibuat? Dari batu dan kayu? Masjid dibangun tanpa menggunakan lem atau semen. Hampir seluruh bagian masjid berbentuk  ukiran indah  yang menambah keindahan Masjid Xian.



Bagian interior dalam Masjid Xian-pacificasiaobservatory.org
Arsitektur di masjid ini sangat unik dan menarik sehingga masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai tempat untuk wisata bagi sebagian besar umat Muslim.


Sebagian besar ornamen masjid dibuat dengan menyesuaikan suhu udara di Cina. Pengunjung yang memasuki Masjid Xian akan merasakan kehangatan dan sebagian dari bangunan tersebut dibuat dari kayu halus yang diukir. 
Great Mosque of Xian
Masjid Xian di China yang teduh,tenang dan dipenuhi pepohonan hijau
Selain itu ada juga berbagai ukiran kayu dari batu yang terletak di gerbang masjid. Masjid tersebut dibangun pada zaman Maharaja Cina, Sai Sung Tee  yang dinding interiornya terbuat dari lembaran kayu berukir yang  menambah keindahan masjid. Berbagai ornamen patung memberikan kesan dan kenangan bahwa masjid ini adalah masjid Xian.
Traditional Chinese Architecture in Xian Mosque
Suasana di dalam halaman Masjid Xian China dengan tanaman tertata apik-myhouseworld



Bentuk bangunan arsitektur  tradisional China melekat dengan budaya Islam
Masjid Raya Xian desainnya merupakan kombinasi budaya Islam dengan arsitektur tradisional  China yang dibangun  742 AD dinasti Tang (618 – 907 AD)

Masjid Xian tidak hanya untuk tempat ibadah, tetapi juga menjadi bagian Obyek Tujuan Wisata 








close-up of inscription

close-up of doorway

mosque doorway chinese architecture