Wednesday 30 January 2013

Konsep "Theme Park USS (Universal Studios Singapore)" di Kota Singapura



Peta Theme Park Universal Studios Singapore - Wikipedia.com
Jalan jalan di Singapura rasanya belum cukup bila belum mengunjungi USS (Universal Studios Singapore) yang berlokasi di Pulau Sentosa. Obyek wisata di Singapura selalu berkembang agar kegiatan perdagangan juga tumbuh secara signifikan dari kunjungan turis asal negara di sekitarnya termasuk dari Indonesia.
Berikut ini kita bisa simak tentang berbagai hal yang bisa dinikmati di dalam wahana USS tersebut.


Maket Bangunan Theme park USS

Universal Studios di Resorts World, Singapura

USS dibangun pada area 40 hektar dan dibuka pertama kalinya untuk umum pada 18 Maret 2010 lalu. Di USS ada 7 zona yang berbeda dari berbagai karakter yang pernah menjadi film blockbuster Hollywood. Dari 7 zona itu ada sekitar 24 atraksi 
Taman ini juga dilengkapi 30 restoran dan konter makanan, serta 20 kios cendera mata. 
Beberapa fasilitas hotel, termasuk Hard Rock Hotel, tersedia di sekitar lokasi wisata berkelas dunia ini dan ada beberapa wahana yang telah dibuka .
Harga tiket masuk : 
          - tiket dewasa sekitar Rp 450.000
          - anak-anak sekitar Rp 350.000 
          - manula sekitar Rp 250.000. 
Buka mulai pukul 9:00-18:00. 
Dari gerbang utama, pengunjung dapat memilih jalur sebelah kiri dengan urutan kunjungan sebagai berikut : 

 
Zona Madagascar A Create Adventure - rileks.com

Madagascar
Di zona ini berupa suasana dalam hutan dengan hewan-hewan dalam film animasi Madagascar yang diproduksi oleh DreamWorks. Sebuah area dengan nuansa hutan tropis yang kental, dipenuhi dengan binatang-binatang yang unik dan menakjubkan seperti lemurs dan foosas. Ada area yang disebut dengan Madagascar A Crate Adventure, dimana dengan menjelajahi hutan dapat bertemu keempat pahlawan hutan seperti Alex, marty, Melman dan Gloria.

Disini akan terdengar nyanyian burung dan teriakan kera memecah keheningan hutan sewaktu menjelajahi lebih dalam lagi ke area hutan tropis ini. Area ini akan dijelajai dengan perahu.Di tempat ini ada juga King Julien's Beach Party-Go-RoundKing Julien’s Beach Party-Go-Round. Berputar-putar naik komedi putar di atas punggung tokoh-tokoh kartun Madagascar. 


 
Zona Far Far Away dan Istana Sherk - rileks.com

Far Far Away
Di zona ini terdapat makhluk besar yang jelek yaitu Shrek dan si keledai bodoh Donkey. Sesuai dengan film animasinya,pengunjung akan diajak berpetualang bersama Shrek untuk menemukan Fiona. Di dalam istana Far Far Away kita bisa merasakan sesuatu yang berbeda. Ada Sherk 4D Adventure, pengunjung  bisa menyaksikan petualang Shrek dalam layar besar berformat 4D. Nonton seperti bioskop, memakai kacamata dan merasakan keseruan kursi-kursi bergoyang dan laba-laba yang menempel ke kaki serta semburan air. 

Takjub dengan permainan itu, bersantai sejenak di sebuah Night Club untuk menyaksikan Donkey Live! Di sini keledai bodoh itu menghibur kita dengan nyanyian yang menarik serta mengajak penonton untuk mengobrol akrab.  Atraksi lainnya seperti Echanted Airways dan Magic Potion Spin. 

 

Zona Jurassic Park - rileks.com

The Lost World
The Lost World merupakan area tempat dinosaurus bersarang yang suasananya menyeramkan. Di area ini terbagi dua permainan yang berbeda yaitu Jurassic Park dan Waterworld. Disini juga ada Canopy Flayer, sebuah roller coaster dengan pemandangan alam hutan dinosaurus. 
Di area ini ada permainan lainnya seperti Jurassic Park Rapids Adventure, Amber Rock Climb dan Waterworld yang pengunjungnya dapat menjadi basah terkena air 

 

Area Waterworld & Amber Rock  Climb - Rileks.com

 
Zona Ancient Egypt - rileks.com

Ancient Egypt.
Di adaptasi dari film The Mummy, arena ini sangat menarik karena ditampilkannya patung-patung besar dan masuk ke dalam piramid Mesir. Pengunjung saat berada di area dapat  mencoba Revenge of the Mummy: The Ride yaitu bermain roller coaster dalam arena tertutup yang di bercerita bagaimana cara menemukan harta karun. 

Dalam zona ini ada juga permainan Treasure Hunters, dimana pengunjung harus mencari harta karun dengan mengendarai mobil tua. Lelah dan masih merasa tegang, pegunjung dapat istirahat sejenak dan mengisi perut di Oasis Spice Cafe. Outlet makanan yang menjual makanan Timur Tengah, disini juga ada soto ayam khas Indonesia. Di setiap zona tersedia outlet makanan yang mencirikan zona tersebut.

 
Zona Sci-Fi City dengan 2 roller coaster dan Accelerator - rileks.com 

zona Sci-Fi City.
Zona Sci-Fi City merupakan zona untuk menguji adrenalin. Ada dua pilihan roller coaster yaitu duduk atau berdiri. Disini bisa dicoba Battlestar Galactica: Human, dimana pengunjung  duduk layaknya naik roller coaster dan bergerak cepat sekali, seru dan tidak begitu menegangkan . Setelah itu dapat dicoba Battlestar Galactica: Cylon yang  harus duduk dengan kaki menggantung. Badan berputar-putar sesuai dengan rel kereta. Selain itu ada permainan Accelerator, mirip cangkir duduk yang hanya berputar saja.
 
Zona/area New York terdapat deretan Toko dan Jalan Sesame (Sesame street) - rileks.com

Area New York
Di area ini serasa benar-benar merasa seperti berada di kota NY dengan menyusuri jalan di mana ada banyak deretan toko di sisi kanan dan kiri. Lalu dapat ditemukan juga artis legendaris di sepanjang jalan ini. Pengunjung bisa  berfoto ria dengan tokoh-tokoh idola yang datang dari jaman dulu seperti Charlie Chaplin dan Marilyn Monroe. 

 
Di Area new york pengunjung dapat melihat spesial efek dan bisa berfoto bersama artis legendaris Charlie Chaplin & Marilyn Monroe 

Atraksi yang bisa ditemukan di sini adalah Lights!, Camera!, Action! di mana pengunjung bisa menyaksikan bagaimana dahsyatnya spesial efek mulai dari sebuah area yang kosong lalu diubah setingnya menjadi suatu spot di New York dan kondisinya sedang dilanda badai besar. Spesial efek yang luar biasa bisa membuat seperti benar-benar berada di tengah amukan badai, angin besar lalu ada kapal-kapal yang terbakar hingga akhirnya ada sebuah kapal feri besar tiba-tiba masuk dan menghantam dek di mana pengunjung berdiri dan akan spontan meloncat.

 
Area New York dengan toko toko di tepi jalan - rileks.com

Zona Holywood -rileks.com

Zona Hollywood
Zona Hollywood berada di dekat gerbang keluar masuk ke Universal Studio. Jika pertama kali pengunjung  masuk lalu mengambil jalur sebelah kanan maka zona ini adalah zona yang pertama dikunjungi. Mengadopsi bentuk-bentuk arsitektur terkenal dan tentunya  dapat berjalan di areawalk of fame di antara pohon-pohon palem, khas Hollywood. Di zona ini  ada banyak toko merchandise dan tentunya ada atraksi yang tidak kalah menarik dengan zona lain yaitu live performance para Monster Universal Studio pada acara musikal yang berjudul “rock-n-roll musical” di Pantages Hollywood Theater.

Sebelum keluar, pengunjung dapat  mampir di Universal Studio Store untuk membeli suvenir. Sebenarnya di setiap zona terdapat outlet yang menjual cenderamata khas masing-masing zona. 

Sumber : Wikipedia ; rileks.com dengan berbagai penyesuaian ; berbagai sumber lain