Sunday 25 November 2012

Desain "Marina Bay Cruise Centre Singapore"


The International Cruise Terminal - Singapura dibangun di daerah Selatan Marina, dekat  Marina South Pier. Terminal baru ini akan cukup leluasa  melayani kapal pesiar terbesar di dunia dan diyakini membantu posisi Singapura sebagai pelabuhan utama bagi banyak perusahaan pelayaran Asia.   Pelabuhan tersebut diberi nama Marina Bay Cruise Centre Singapore (MBCCS) dengan luas 28.000 m2 yang diresmikan di Akhir tahun 2012 

Selama 10 tahun terakhir, pelayaran Singapura mengalami kedatangan penumpang yang terus meningkat rata rata sebesar 3,6% per tahun. Bahkan, penumpang mencapai satu juta orang pada tahun 2011. 

Dengan adanya MBCCS, diharapkan banyak kapal pesiar akan datang ke pelabuhan menuju Singapura dan Asia. Selain itu, pusat pelayaran ini menantikan kehadiran kapal pesiar lebih banyak dan lebih besar. Singapura akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan jadwal jelajah baru dan menarik lebih banyak jalur pelayaran yang menyebar ke daerah.


Pihak berwenang telah mempromosikan desain Terminal Cruise International. Atap terminal akan menggambarkan interpretasi modern dari ombak gelombang rendah. Bangunan MBCCS akan memberikan pemandangan yang menyambut penumpang disaat mereka tiba di Singapura dengan kapal pesiar. Hal ini akan menambah cakrawala kota khas yang mencakup Marina Bay Sands, Singapore Flyer dan banyak lagi. 


Hal yang membanggakan, MBCCS dapat menangani 6.800 penumpang pada satu waktu. Secara efektif menggandakan kapasitas dermaga Singapura dan memungkinkan Singapura untuk melayani kapal-kapal terbesar di dunia pelayaran. Pusat pelayaran yang satu ini akan mengkatalisasi pertumbuhan industri pelayaran di Singapura dan akan membantu mewujudkan potensi Singapura sebagai pintu gerbang ke jelajah di Asia Tenggara dan seterusnya.


Singapura mengharapkan penawaran produk baru dan bervariasi untuk pelayaran penumpang. Celebrity Millennium yang dioperasikan oleh Celebrity Cruises akan keluar dari Singapura untuk pertama kalinya tahun ini dan diharapkan untuk menarik 10 kapal pesiar selama musim 2012/2013. 


Hal ini menjadi pertama kalinya Celebrity Cruises yang mengeluarkan kapal dari Singapura. Costa Cruises juga akan mengerahkan kapal kedua, Costa Atlantica untuk bergabung dengan Costa Victoria di Singapura yang dimulai pada Mei 2013. Jalur pelayaran lainnya seperti Holland American Line Zaandam dan Seabourn Cruises ‘Seabourn Quest juga membuat jalur ke Singapura. 
Tahun ini saja, Singapura mengharapkan total ada 9 perusahaan kapal pesiar  yang hampir dua kali lipat dari jumlah pelayaran baru pada tahun 2011. Semua itu merupakan prestasi Singapura dalam bidang pelayaran yang layak dipuji

sumber : wisatasingapura.sg