Monday 19 November 2012

Millenium Parkland di Sidney, New South Wales,Australia




Olimpiade warisan

Sebagai sebuah tantangan, konsultam Hessel merancang sebuah taman seluas 450 hektar di situs ex  area industri. The park - yang awalnya bernama Millennium Parklands dan kini dikenal sebagai Sydney Olympic Park.Hal ini sebagai ikon utama  untuk Olimpiade Sydney tahun 2000 dan meninggalkan warisan yang berharga untuk generasi mendatang agar mengetahui sesuatu dari nilai-nilai yang berlaku saat periode ini dalam sejarah Australia.

Olympic Games Sydney 2000 berkomitmen untuk kelestarian lingkungan. Hal ini mendorong semua aspek perencanaan dalam Olimpiade 'dan eksekusinya termasuk desain Parklands Millennium.



Suatu pendekatan adaptasi

Skala, kompleksitas, keterbatasan waktu, pengawasan,perencanaan dan desain ikon Olimpiade ini lebih besar dari proyek-proyek pembangunan lainnya.

Pada tahun 2009, bekerja sama dengan Sydney Olympic Park Authority, kami menugaskan penelitian untuk mengubah ex.tambang menjadi  konsep untuk Parklands Millennium. Hal ini sesuai tujuan Pemerintah dan aspirasi tim proyek.

Kini banyak inovasi proyek  telah dipraktekkan secara normal, dilakukan  sebagai persiapan program kegiatan berbasis taman yang dilaksanakan dengan desain fisiknya. Jadi, dengan meninggalkan banyak ruang yang tidak direncanakan, hal ini diharapkan untuk menjadi peluang  generasi mendatang untuk mengeksplorasi ambisi mereka di situs ini.

Tipologi Baru lansekap 

Millennium Parklands dimaksudkan untuk membebaskan diri dari tradisi 'indah' Eropa yang telah mendominasi perencanaan taman Perkotaan di Australia. 
Untuk memastikan taman akan tetap responsif dan tangguh, desain didasarkan pada tiga tema pemersatu yang sederhana yaitu: dataran rendah, pembatas dan ruang terbuka serta bentang alam yang ditinggikan.

Memulihkan proses ekologi dataran rendah Homebush Bay ke dalam saluran air dan lahan basah berfungsi mencerminkan komitmen untuk konservasi.


Sebuah sistem taman seperti hutan dan hutan sebagai pembatas, digunakan untuk mendefinisikan ruang dan pengaturannya serta menciptakan hubungan antara penataan dan fasilitas dalam taman. Pembatas berupa pepohonan demikian memainkan peran kunci dalam menyediakan keragaman habitat dan koridor hijau untuk menghubungkan ekosistem Homebush Bay.

Peningkatan bentuk lahan  diciptakan sepenuhnya dari pembangunan fasilitas olahraga, disediakan tempat yangmana bisa menunjukkan orientasi pengunjung, mengidentifikasi dan melihat kompleksitas dataran rendah.

Konservasi, pemulihan dan interpretasi warisan situs budaya dan alam merupakan bagian penting dari konsep ini. Alih-alih untuk menyembunyikan bukti reklamasi situs dan dekontaminasi, kegiatan ini diwujudkan secara fisik dan diakui melalui program pendidikan sekurang kurangnya nya  untuk proyek-proyek masa depan yang melibatkan rehabilitasi lahan.


Desain responsif 

Pada setiap tahap proyek tema keberlanjutan diperkuat melalui desain responsif. Teknik yang dipilih - atau diciptakan - untuk menghemat tanah, air, habitat dan item nilai budaya. Perhatian diberikan kepada pemilihan bahan dengan penekanan pada bahan daur ulang dan penanaman spesies asli. 

Program yang dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran pengguna 'dari nilai-nilai konservasi dan filosofi dari situs tersebut. elemen Infrastruktur  diperiksa sebagai jalan dan layanan utilitas yang dirancang untuk tunduk dengan lanskap taman dan tema taman membawa ke inti kota di sepanjang koridor yang bervegetasi.


Teknologi Lingkungan 

Millennium Parklands merupakan eksperimen dengan ide-ide baru, meningkatkan tolok ukur dari praktik lingkungan sesuai dengan  prinsip-prinsip lansekap, dan menggunakan teknologi yang ada dalam bentuk penataan  lingkungan dalam skala besar




s

 klien
Otoritas koordinasi Olimpiade

disiplin
Arsitektur Lansekap
keahlian
Olahraga dan Hiburan
Strategi perkotaan
luas
500 ha

tahun
1.999

tempat
Sydney, New South Wales, Australia

fotografi
Max Creasy / Bob Peters

status
selesai

kolaborasi
Peter Walker / Bruce Mackenzie Desain

hasselstudio.com