Monday 19 November 2012

Desain Kebun Binatang Baru untuk Panda di Adelaide, Australia



Panda raksasa ini dibawa dari hutan asli tempat konservasi pengembangan Binatang langka di dataran tinggi Wolong,Cina yang dibawa ke Adelaide, Australia bagian Selatan. Perusahaan Konsultan Perencana Hassel bekerja keras untuk mendesain lingkungan kebun binatang yang menyerupai lingkungan awalnya.  Diharapkan area ini akan menjadi sarana penelitian, konservasi,rekreasi dan pendidikan.
Berikut ini kita lihat secara detail elemen elemen yang ada didalam desain bangunan tersebut.




Situs ini diharapkan dapat dikelola dengan manajemen hewan terbaik secara proaktif dengan menampung sepasang panda raksasa remaja, Wang Wang dan Funi. 

Areal khusus untuk Panda diberikan fasilitas state-of-the-art, dengan fitur air, batu asli dan pepohonan yang terinspirasi dari lingkungan aslinya. Pengunjung dapat pula melihat Panda Merah dan bebek Mandarin sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman, pendidikan dan berjumpa langsung dengan hewan-hewan yang terancam punah dan ikonik.



Plafon dan sebagian dinding untuk pengunjung di area Panda dibuat dari batang batang bambu sehingga Panda masih akrab dengan jenis makanan pokoknya yaitu bambu.


Pembatas kaca (bukan jeruji besi) memberikan pandangan yang luas bagi Panda sebagaimana di tempat aslinya, sehingga tidak mudah stres. 








Batu batu asli alami ditata dengan baik yang mencerminkan lingkungan asli tempat tinggal Panda di Wolong, Cina.

Gambar Video
Adelaide_Zoo_Pandas_YouTube


klien
Adelaide Zoo

disiplin
arsitektur
interior Desain
Arsitektur Lansekap
Urban Design / Perencanaan Kota

luas
5,150 sqm

tahun
2009

tempat
Adelaide, Australia Selatan, Australia

fotografi
Peter Bennett / Ben Wrigley

status
selesai

.hassellstudio.com