Friday 22 February 2013

Airport di Kota Jakarta, Saat Ini Masuk 10 Bandara Tersibuk di Dunia


Terminal Baru Soekarno Hatta
Rencana Bandara Soekarno Hatta 2015

Seperti dikutip dari Airport World, Kamis (14/2/2013), Bandara Soekarno-Hatta tercatat sebagai bandara tersibuk ke-8 di dunia pada 2012, mengalahkan Dalas/Forth Worth Airport dan Dubai International Airport.
Jumlah penumpang pesawat terbang di Bandara Soekarno Hatta sepanjang 2012 naik 14,4% menjadi 60 juta orang. Sementara, Dubai International Airport meningkat 13,2% menjadi 57,6 juta.


Atlanta Hartsfield-Jackson Airport, Amerika Serikat, tetap berada di posisi puncak, dengan 95,5 juta wisatawan pada tahun 2012, naik 3,4% pada tahun sebelumnya.

Disusul Beijing di ranking kedua dengan kenaikan 4,2% menjadi 81,8 juta. Berada di posisi ketiga, London Heathrow Airport dengan jumlah 70 juta penumpang.

Sementara Hong Kong International dan Frankfurt Airport di Jerman tersingkir dari daftar 10 bandara tersibuk di dunia, meski mencatat kenaikan jumlah penumpang.

Jumlah penumpang pesawat terbang secara global meningkat sebesar 3,9% pada tahun 2012. Kenaikan itu ditopang oleh pertumbuhan penumpang di negara berkembang.

Berikut ini 10 bandara tersibuk di dunia:

  1. Atlanta Hartsfield-Jackson Airport (95 juta penumpang)
  2. Beijing (81.8 juta penumpang)
  3. London Heathrow Airport (70 juta penumpang)
  4. Chicago O'Hare (66,8 juta penumpang)
  5. Bandara Haneda di Tokyo (65 juta penumpang)
  6. Los Angeles (63,7 juta penumpang)
  7. Paris Charles de gaulle (61,6 juta penumpang)
  8. Soekarno Hatta (60 juta penumpang)
  9. Dalas/Forth Worth (58,6 juta penumpang)
  10. Dubai International (57,7 juta penumpang). 

INFORMASI TENTANG BANDARA SOEKARNO HATTA DI JAKARTA

Jakarta Soekarno-Hatta International Airport (CGK) adalah bandara utama yang melayani wilayah Jakarta dan sekitarnya di pulau Jawa, Indonesia.nama bandara ini diambil dari presiden dan wakil presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno-Hatta.
Bandara ini memiliki tiga terminal (dihubungkan dengan shuttle bus gratis):
Terminal 1: yang terletak di sisi selatan bandara. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan domestik selain Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines. Gerbang di Terminal 1 memiliki awalan abjad A, B dan C.
Terminal 2: yang terletak di sisi utara bandara. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan internasional serta penerbangan domestik (Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines saja). Gerbang di Terminal 2 memiliki awalan huruf D, E dan F.
Terminal 3: Tahap pertama dari terminal 3 adalah 5 dermaga, dibuka pada 15 April, 2009. Saat ini rumah dua low cost carrier, Mandala Airlines dan Indonesia AirAsia untuk penerbangan domestik mereka.
Soekarno-Hatta International Airport menyediakan 4 lounge pertama di area keberangkatan, tersedia untuk penumpang kelas pertama dan bisnis Cathay Pacific, Qantas, Lufthansa, Eva Air, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, KLM, Malaysia Airlines dan China Airlines. Lounge Garuda Indonesia yang baru tersedia untuk penumpang kelas bisnis hanya GA, serta pemegang kartu GECC. Lounge lainnya didirikan oleh beberapa perusahaan seperti PT Excelcomindo Pratama, PT Indosat, PT Mandara Jasindo Sena dan PT Telkomsel. Di sisi kiri gerbang utama bandara ada hotel transit yang didirikan oleh Sheraton Hotel.

Transportasi bus dari Airport ke Kota Jakarta dan Bandung

Ada bus  Damri bandara untuk berbagai tujuan di Jakarta. The bus ber-AC dan menyediakan sekitar 40 kursi, tarif untuk tujuan di Jakarta Rp. 20.000, -, ke Bandung harganya Rp. 75.000 . Bus berangkat di depan Terminal 3, dan dekat tempat parkir di Terminal 1 dan 2. Bagi penumpang yang ingin meneruskan perjalanan ke arah Terminal Pulogadung, Rawamangun, maupun Stasiun Gambir.