Friday 8 February 2013

10 Desain Internasional Bangunan Modern di Beberapa Kota, China



Bangunan Airport International di Beijing -  aboutcyberinformation.blogspot.com/


Sebuah bangunan yang megah dan indah dengan desain yang fantastik biasanya selalu menjadi kebanggaan dari sebuah negara. China sebagai negara maju yang cepat perkembangan ekonominya mempunyai banyak bangunan modern yang dihasilkan dari sayembara desain internasional  Berikut ini ada 10 Keajaiban Desain Internasional Baru di China yang cukup menarik untuk kita simak. 

1. Beijing International Airport
Menurut kedutaan besar AS di China, negara ini telah membangun 108 bandara baru diantara tahun 2004 dan 2009, termasuk bandara yang akan menjadi terbesar di dunia: Beijing international airport yang dirancang oleh foster & partners. Dibuka di akhir tahun 2007, terminal bandara  mencakup lebih dari satu juta meter persegi, memberikan kesan yang lebih besar dari Pentagon. Hal ini dirancang pada awalnya untuk menangani 43 juta penumpang per tahun dan 55 juta di tahun tahun berikutnya.



Bangunan Airport International di Beijing, luas 1 juta meter pesegi untuk melayani 55 juta penumpang per tahun di masa depan


2. Central Chinese TeleVision (CCTV)
Rancangan Gedung baru China Central TeleVision (CCTV) menentang konsepsi populer dari suatu gedung pencakar langit – dan berbeda dengan pola pola bangunan di Beijing yang memerlukan ijin khusus dari  sebuah panel review. Teknik bangunan tetap  menerapkan sistem standar untuk gravitasi dan beban lateral pada bangunan CCTV, ada dua bentuk bangunan miring, masing-masing 90 derajat membungkuk di bagian atas dan bawah yang membentuk loop kontinyu. Solusi insinyur untuk menciptakan sebuah tabung “struktural” didukung bentuk diagonal. Pola yang tidak teratur dari sistem “diagrid” mencerminkan distribusi kekuatan bangunan tersebut. Desain dibuat oleh Rem Koolhaas, Ole Scheeren, dan Ove Arup.

Bangunan CCTV (Central Chinese TeleVision) didesain oleh Rem Koolhaas, Ole Scheeren, dan Ove Arup.


Bangunan CCTV yang berbentuk unik menjadi landmark bagi sekelilingnya
3. Jembatan Donghai
Pengembangan pelabuhan laut terbesar di dunia di buka pada saat jembatan pertama terpanjang di china selesai dengan panjang 20-mil yang terdiri enam jalur.Jembatan Donghai secara resmi dibuka pada bulan desember 2005. Membentang di timur laut China, menghubungkan Shanghai-Yangshan (Pulau Anggun), China ditetapkan menjadi pelabuhan perdagangan bebas pertama (dan pelabuhan kontainer terbesar di dunia) sampai  tahun 2010. Jembatan ini menyediakan jalur transportasi ang lebih aman dari topan dan gelombang tinggi. Jembatan Donghai  dirancang dalam bentuk-S. Pembangunan strukturnya, dilaporkan oleh harian Shanghai menghabiskan biaya $ 1,2 miliar.


Jembatan Donghai (jembatan terpanjang di China) yang berbentuk huruf S

4. Kota Ekonomi Dongtan
Dongtan co City dikembangkan oleh perusahaan  investasi Shanghai Industri Corp, ukuran kotanya kira-kira  seluas Manhattan, akan menjadi kota  berkelanjutan yang  pertama kali di dunia dan diperkirakan akan penuh dan selesai pada tahun 2040. Seperti Manhattan, kota ini terletak di sebuah pulau terbesar ketiga di China. Terletak di sungai Yangtze, Dongtan berada dalam kesibukan seperti Shanghai.Pengembangan fase pertama kota telah diselesaikan bersamaan saat penyelenggaraan pameran terbuka expo - Shanghai  tahun 2010. Program  yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan meliputi : Sistem untuk pemurnian air, pengelolaan sampah dan energi terbarukan. Sebuah infrastruktur jalan akan menghubungkan bekas  lahan pertanian tersebut dengan kota Shanghai.


Kota Dongtan di siang hari, nampak adanya sungai yang tertata rapi sebagai
penyeimbang lingkungan

Kota Ekonomi Dongtan di malam hari

5. Linked hybrid
linked hybrid, yang akan diisi oleh 2.500 orang di 700 apartemen dengan luas total 1.600.000 meter persegi. merupakan sebuah model arsitektur berkelanjutan skala perumahan. Situs ini akan menyediakan sistem pendingin terbesar di dunia yaitu dari panas bumi yang akan menstabilkan suhu di dalam kompleks yang terdiri dari delapan bangunan.

Semua bangunan yang masing masing 20 lantai terkait dengan lorong seperti sebuah cincin yang mengelilingi bangunan tersebut dengan peruntukan untuk jasa dan pelayanan seperti kafe, ATM dan jasa kebersihan. Di komplek ini terdapat satu set dual pompa air  dengan kedalaman pipa 100 meter di bawah tanah yang melayani air bersih untuk seluruh bangunan. Hasilnya : Sistem sirkulasi air seperti radiator besar di musim dingin dan sebagai pendingin di musim panas. Tidak memiliki boiler untuk memasok panas, ada AC  untuk memasok udara dingin.


Bangunan 700 Apartemen yang saling terkait dengan jembatan tertutup atau Linked Hybrid

6. National Grand Theater
Arsitek Perancis Paul Andreu tidak asing dengan hasil karyanya yang kontroversi – atau berbentuk inovatif. Satu generasi yang lalu, pada tahun 1974, desain non-tradisional nya, terminal 1 bandara Charles De Gaulle - Paris dikritik karena bentuk yang tidak biasa, namun  bangunan futuristik terobosan dari Andreu kemudian ditampilkan untuk menunjukkan  De Gaulle sebagai kebangkitan Eropa dan sebagai  hub udara internasional. 

Grand National Theater di Beijing di desain Andreu dengan kapasitas tempat duduk  2.416 kursi, Ruang konser 2.017 kursi, dan Teater 1.040 kursi . Pada malam hari, dinding semi-transparan akan memperlihatkan sekilas kepada  orang yang lewat tentang kinerja dalam salah satu dari tiga auditorium, sebuah fitur yang menyoroti sifat publik dari gedung.

   Gedung Grand National Theater di Beijing yang didesain oleh Andreu 

7. National Swimming Center
bagian luar mencolok dari pusat renang nasional, yang dibangun untuk Olimpiade Beijing dan dijuluki “water cube”, terbuat dari panel yang berbentuk ringan dari teflon yang mengubah gedung itu menjadi sebuah lingkungan rumah kaca sebagai energi yg efisien.Energi matahari digunakan untuk memanaskan kolam renang yang dirancang untuk menggunakan air dari kolam backwash double yang disaring sebagai air bersih.

Bangunan National Swimming Centre di Beijing (tampak dari dalam) - bustler.net

Bangunan National Swimming Centre di Beijing (tampak dari luar) - careerdayjob.com

8. Olympic Stadium
stadion ini sudah lama mengikuti desain berkelanjutan dari salah satu keajaiban dunia, Coliseum Romawi . Herzog & de stadion nasional beijing meuron mengupayakan untuk memikirkan kembali ketentuan arena olahraga klasik yang lebih ekologis. Arsitek Swiss ini ingin menyediakan ventilasi alami untuk 91,000-kursi di dalam stadion “hijau” terbesar yang sedang dibangun. Untuk melakukan ini, mereka menciptakan sebuah bangunan yang bisa berfungsi tanpa shell ketat tertutup, tetapi juga menyediakan tempat penampungan konstan bagi masyarakat dan atlet.

Bangunan Stadion Olympiade di Beijing seperti sarang burung -  chinadaily.com.cn


Bangunan Stadion Olympiade dari dekat - telegraph.co.uk


9.Shanghai World Financial Center
Shanghai World Financial Center adalah sebuah menara di antara menara. Pencakar langit 101 lantai nampak elegan (untuk sesaat, setidaknya) yang lebih tinggi di dunia. Salah satu tantangan terbesar konstruksi bangunan adalah untuk menciptakan struktur yang dapat menahan angin yang kuat. Arsitek merancang solusi inovasi untuk mengurangi tekanan angin dengan menambahkan pemutusan empat persegi panjang di puncak gedung. Tidak hanya daerah terbuka membantu mengurangi hembusan ke bangunan, tetapi juga akan mengalihkan ke dek observasi terbuka ,Cahaya 100-lantai itu akan memiliki pemandangan yang indah di malam hari.

Bangunan Shanghai World Financial Center, 101 lantai

Gedung Shanghai World Financial Center berbentuk tipis diatas untuk mengurangi tekanan angin 


10. The commune
Tembok Besar China (Great Wall), masih memenuhi syarat sebagai sebuah keajaiban. Komplek ini mencakup rumah dari 12  arsitek utama Asia. Shigeru ban, seorang arsitek Jepang yang paling terkenal karena merancang rumah-rumah kertas untuk pengungsi gempa kobe merancang banyak rumah dengan laminasi kayu lapis biasanya digunakan untuk mebel modular, dan yung ho chang Cina menciptakan house split, yang mengambil gagasan dari rumah yang dipotong pesegi menjadi dua dan dapat meluas seperti kipas.

Bangunan Commune

Via : aboutcyberinformation.blogspot.com


_____________