Thursday 28 February 2013

Desain Stadion Baru Internasional BMW Di Kota Jakarta (Pemenang 1)

Mengintip konsep 4 Taman di stadion baru Jakarta
Maket Stadion Baru Internasional di Jakarta
Konsep stadion baru bertaraf internasional yang akan dibangun pemerintah DKI Jakarta berdasarkan prinsip ramah lingkungan .Stadion tidak mempunyai lapangan parkir terbuka dan malahan dibangun 4 taman luas yang berfungsi sebagai fasilitas umum untuk rekreasi bagi warga Jakarta.Jadi stadion ini mendukung semangat "Go green" yang ramah lingkungan. Berikut ini kita bahas rincian konsep desainnya(admin)


Maket stadion di malam hari
Pemprov DKI berencana membangun stadion olahraga bertaraf internasional yang terletak di Kelurahan Papango, Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Sesuai dengan nama aslinya, stadion dengan atap seperti sorban itu diartikan sebagai Taman Bersih, Manusiawi dan Berwibawa.
"Prinsipnya adalah daerah ini namanya Taman Bersih Manusiawi Berwibawa, ini arti dari BMW itu sendiri," terang Tiyok Prastyoadi arsitek yang memenangkan sayembara desain stadion saat berbincang dengan merdeka.com di kantornya, kawasan Pondok Indah, Jumat (14/12).

http://theproffmag.com/2012/11/stadi...depan-jakarta/
Tiyok menjelaskan, nantinya stadion olahraga tersebut akan dipenuhi oleh banyak taman dan pepohonan. Di atas tanah 66 hektar, rencananya 30 hektar diperuntukkan untuk pembangunan taman hijau. Sedangkan 30 hektar lagi akan diisi oleh Taman Wisata Air.

Empat taman yang rencananya akan dibuat di stadion BMW itu adalah taman olahraga, taman wisata air, taman tropis dan juga taman edukasi. Seperti umumnya stadion di negara Eropa, lanjut Tiyok, yang sudah memiliki standar stadion FIFA, jika nantinya stadion tersebut tidak dipergunakan untuk ajang laga internasional ataupun lainnya, taman tersebut bisa digunakan warga untuk berwisata dan juga belajar.

"Karena dari awal fungsinya memang taman, jadi konsep kita kembalikan lagi, konsep tamannya di sini," jelasnya.

Peta posisi Stadion BMW
Tidak seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion BMW nantinya akan dibangun di atas perparkiran. Sehingga, kata Tiyok, stadion BMW tidak seperti stadion yang sudah ada sebelumnya menggunakan taman sebagai lahan parkir. Rencananya, di basement akan memuat parkiran sebanyak 5.000 mobil dan juga 1.000 sepeda motor.




 
Desain  stadion BMW


"Untuk kapasitas basement, itu bisa menampung 5.000 mobil," papar Tiyok.

Lebih lanjut, Tiyok mengatakan, bahwa pembangunan stadion BMW ini memang lebih banyak ruang terbuka hijaunya ketimbang bangunan stadion itu sendiri. Selain untuk meminimalisir pembangunan gedung, keberadaan taman tersebut juga dimaksudkan untuk menampung pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam stadion. Semisal, jika stadion dipergunakan untuk ajang laga internasional, jika pengunjung ada yang tidak bisa masuk, panitia bisa mempergunakan berbagai sudut untuk membuka ajang nonton bareng dengan menggunakan layar LCD.

"Bagi orang-orang yang tidak memiliki karcis, nantinya panitia bisa membuat peredam seperti nonton-nonton bareng," kata dia.via : merdeka.com ; skyscrapercity.com

Konsep Stadium BMW Jakarta