Saturday 22 December 2012

Konsep Desain Kebun Binatang Baru di Kota Tbilisi, Georgia


Perusahaan Konsultan Hassell bersama dengan Arup ditunjuk oleh Balai Kota Tbilisi untuk melaksanakan desain konsep kebun binatang Tbilisi baru di pinggiran ibukota Georgia.
Proyek ini didasarkan pertimbangan akan memindahkan pusat kebun binatang kota yang ada digantikan oleh kompleks zoologi dan rekreasi yang berdekatan dengan danau pedalaman yang dikenal sebagai Tbilisi Laut. Berikut ini rincian desainnya.

Hassell dan Arup telah mengembangkan konsep dalam situs baru yang spektakuler, dengan menggunakan strategi menjaga dari gangguan minimal untuk melestarikan keindahan alam di daerah itu. Tim ini terinspirasi oleh keindahan lanskap Georgia untuk menciptakan skema yang kondisinya selaras dalam harmoni dengan lingkungan, menghormati hewan yang menghuninya dan bila memungkinkan orang untuk bisa mengamati mereka dalam ruang mirip dengan habitat alami mereka.
Kebun binatang di menciptakan tujuan wisata internasional untuk kebun binatang, safari, botani dan pengalaman rekreasi. Desainnya akan merayakan sejarah alam dari situs dan mendorong pengunjung dari segala usia untuk mengambil kepentingan pribadi dalam pentingnya melestarikan warisan bumi lingkungan.
Proyek ini mengacu pada rencana induk kami yang luas, arsitektur lansekap dan pengalaman kebun binatang di Australasia, termasuk pemenang penghargaan Adelaide Zoo, Kebun Binatang Taronga di Sydney dan Werribee Open Range di Victoria.








Saat ini dilakukan relokasi spesies di kebun binatang ke area  sejumlah bangunan baru dan lanskap. Ini akan mencakup hub berupa pintu masuk, boulevard, hub sekunder dengan taman bermain dan kafe, ke kebun binatang luar (outdoor)dalam ruang terbuka. Hal ini memungkinkan karena ditata dalam wilayah hutan yang berdekatan dengan Taman Nasional Dendopark.Area baru direncanakan sebagai tempat rekreasi yang dibuat di tepi Laut Tbilisi yang mencakup bangunan baru untuk akuarium dan sekolah menyelam.
Rencananya dibangun berdasarkan lanskap yang dramatis dari topografi pegunungan  untuk menciptakan pengalaman pengunjung unik ke Georgia. Negara ini Terletak di persimpangan antara Eropa, Asia dan Afrika dan ini akan diwakili oleh pembagian situs berupa habitat padang rumput yang berbeda.
Sebuah pilihan dari lima rute peerjalanan yang berbeda di seluruh kebun binatang memberikan perasaan dengan berbagai pengalaman pengunjung dan diharapkan  mendorong kunjungan kembali.





Kebun binatang ini menciptakan tujuan wisata internasional untuk safari, botani dan pengalaman rekreasi. Desainnya akan mewujudkan sejarah alam dari situs ini dan mendorong pengunjung dari segala usia untuk mengambil manfaat dalam pentingnya melestarikan warisan bumi. 
Proyek ini mengacu pada rencana induk yang luas, arsitektur lansekap dan pengalaman kebun binatang di Australasia, termasuk pemenang penghargaan Adelaide Zoo, Kebun Binatang Taronga di Sydney dan Werribee Open Range di Victoria.








klien
Tbilisi City Hall

disiplin
Arsitektur Lansekap

keahlian
Olahraga dan Hiburan
Strategi perkotaan

Luas
55 ha

tahun
2012

tempat
Tbilisi, Georgia

fotografi
Hassell

status
Dalam proses pengerjaan

kolaborasi
Arup

hassellstudio.com