Sunday 9 December 2012

Jalan Tol Baru Diatas Laut : Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa



Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa sepanjang 9,702 km kini sudah masuk tahap progres pengerjaan hingga 12%. Rencananya pada Juli 2013, jalan tol patungan beberapa BUMN ini akan dibuka.

Berdasarkan situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip, Selasa (10/7/2012) pelaksanaan pembangunan secara design and build, dijadwalkan selama 14 bulan dan direncanakan akan open traffic pada Juli 2013. Selain untuk kendaraan roda 4, jalan tol ini juga akan mengakomodasi kendaraan roda 2.

Progres konstruksi saat ini untuk Paket 1 mencapai 10,53%, paket 2 mencapai 9,850 %, Paket 3 mencapai 9,18 %, Paket 4 mencapai 12,04 %.

Paket-1 dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (Persero) selaku kontraktor dan LAPI – ITB sebagai konsultan perencana, Paket-2 dilaksanakan oleh PT Waskita Karya (Persero) selaku kontraktor dan PT Multi Phi Beta sebagai konsultan perencana. 

Paket-3 dilaksanakan oleh JO antara PT Wijaya Karya (Persero) – PT Adhi Karya (Persero) – PT Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor dan Maratama Cipta Mandiri sebagai konsultan perencana, Paket-4 dilaksanakan oleh PT Waskita Karya (Persero) selaku kontraktor dan PT Multi Phi Beta sebagai konsultan perencana. 

Jalan tol ini akan menghubungkan kawasan Bandara Ngurah Rai dengan Kawasan Nusa Dua serta kawasan pelabuhan Benoa (akses Pesanggaran). Proyek ini digarap bersama oleh PT Jasamarga Bali Tol yang merupakan Konsorsium BUMN (Jasa Marga, Angkasa Pura I, Pelindo III, Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, dan Hutama Karya).

Jalan Tol ini merupakan proyek jalan tol pertama di Pulau Bali. Jalan Tol ini menghubungkan Pelabuhan Benoa, Bandara Internasional Ngurah Rai, dan wilayah Nusa Dua. Jalan Tol ini akan dibangun diatas laut di teluk Benoa. 

Berikut ini komposisi pemegang saham Jalan Tol Benoa Bali (Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua):
  • PT Jasa Marga 60%
  • PT Pelindo III 20%
  • PT Angkasa Pura I 10%
  • PT Wijaya Karya 5%
  • PT Adhi Karya 2%
  • PT Hutama Karya 2%
  • PT Pengembangan Pariwisata Bali 1%
sumber : finance.detik.com

Tambahan :

Jalan ini akan memiliki tiga simpang susun, yaitu simpang susun Nusa Dua, Ngurah Rai yang akan terhubung dengan akses langsung ke bandara tersebut dan simpang susun Benoa

Menurut informasi,diperkirakan  tarif untuk jalan tol ini :
  • Mobil Rp.10.000
  • Motor Rp. 4.000






jalan tol bali