Saturday 29 December 2012

Konsep Desain " Concert Hall" Disney di Los Angeles


Bangunan Concert Hall merupakan suatu bangunan bergengsi bagi warga kota modern yang mencintai seni musik.Desain bangunan dapat menjadi landmark atau "node" suatu kota sehingga mudah dikenali lokasi maupun keberadaannya secara lokal, regional maupun internasional.(admin) 



Enam belas tahun setelah proyek dimulai, "Walt Disney Concert Hall" dibuka untuk umum pada tanggal 23 Oktober dsan menerima masukan dari  kritisi  penonton, musisi, dan pers. Gedung Frank Gehry dirancang  menjadi ikon arsitektur untuk abad ke-21 dan tampak sebagai langkah maju yang besar dalam revitalisasi pusat kota Los Angeles. Disney Hall dibuka dengan tiga malam gala pemrograman yang berbeda - menampilkan musik simfonik tradisional, modern dan populer yang membuktikan akustik ruangan sangat baik.


Kehangatan dan keintiman dari gedung konser nampak halus, permukaan bulat cemara Douglas dan karpet berwarna-warni dan kursi dengan akustik yang luar biasa dengan kilauan eksterior bergelombang dari stainless steel (yang selalu menjadi obyek foto populer bagi wisatawan).Hal ini menempatkan Hall ini menjadi ruang terkemuka di dunia konser.


Elemen desain teater yang unik termasuk platform konser yang terdiri dari 13 lift  masing-masing digerakkan oleh motor individu dan mampu membentuk berbagai konfigurasi panggung. Lift dioperasikan oleh teknologi komputer nirkabel dengan kontrol layar sentuh yang dapat diprogram diawal dan dikendalikan oleh operator tunggal. Fitur khusus lainnya dari platform adalah tangga mekanis yang dioperasikan serba otomatis yang secara otomatis meningkatkan dan menurunkan dengan gerakan mengangkat, menyediakan akses ke tingkat platform atas. Teknologi ini memungkinkan pementasan efektif untuk segala sesuatu dari Philharmonic dengan kekuatan penuh LA Orchestra atau untuk kelompok ansambel kecil.



Desain pencahayaan panggung merupakan tantangan tertentu, karena arsitek dan Acousticians ingin langit-langit dengan  bukaan sesedikit mungkin dan tidak ingin instrumen pencahayaan menjadi terlihat. Solusinya disajikan dalam bentuk serangkaian lubang mengkilap di langit-langit, di mana beberapa lampu bisa difokuskan melalui lubang tunggal, jembatan pencahayaan yang mengkilap, dan jembatan pencahayaan dua arah yang dapat benar-benar tertutup oleh pintu mekanik. Ada juga tenaga listrik tambahan yang disediakan di langit-langit untuk penerangan tambahan dan rigging yang kuat-poin yang tersedia untuk menggantung berbagai pencahayaan, layar, atau elemen indah.



Disney Hall sudah dapat dinikmati secara penuh selain penghuni utamanya, LA Philharmonic Orchestra. Ahli Teknik Harmonik dari Toronto merancang amplifikasi sound system canggih yang telah diinstal untuk digunakan dengan program lain selain musik simfonik. Tidak ada keraguan bahwa Walt Disney Concert Hall sudah baik dari segi  arsitektur dan budaya di Los Angeles.

Tim desain TPC dipimpin oleh Richard Pilbrow dengan Jerry Godden sebagai Project Manager. Mereka yang memiliki tanggung jawab utama termasuk George Ellerington sebagai penanggungjawab Teknik, Markus Stroomer sebagai sightlines dan David H. Rosenburg sebagai Stage Lighting.

Lebih lengkapnya  dapat dilihat di : http://www.theatreprojects.com/news/item/71