Wednesday 26 December 2012

Desain Taman Kota di Distrik Budaya Kowloon Barat, Hongkong



Pemerintah kota Hongkong telah memilih konsultan perencana untuk mendesain Masterplan Distrik Budaya Kowloon Barat seluas 40 hektar yang  berjudul 'city park'.Pembangunan akan mencakup pusat seni dan budaya di mana ruang publik dan komersil menyatu di tujuhbelas tempat-tempat baru yang terdiri dari sebuah gedung opera, konser, ruang pameran dan arena pusat yang terdiri dari serangkaian tiang-tiang dan promenades yang bertindak sebagai perpanjangan alami dari masyarakat lokal.










Taman seluas 23 hektar akan terletak di jantung kota, menyediakan pengaturan taman untuk serangkaian kegiatan sosial,serangkaian jalan lebar dan plaza berjajar dengan tanaman hijau akan menghubungkan bangunan budaya yang mengelilingi taman ke pantai luas.





Proposal rendah energi - terdiri dari pendinginan dan pemanasan distrik, pengolahan daur ulang air dan sistem pemulihan energi untuk limbah - akan mencapai peringkat karbon-netral dengan sinergis sistem infrastruktur efisiensi tinggi di perkotaan. 


main park 
image courtesy of west kowloon cultural district authority / foster + partners


semua lalu lintas kendaraan akan berlangsung di bawah permukaan tanah melalui serangkaian jaringan dan "acces point". menyeimbangkan kebutuhan untuk pejalan kaki, pengendara sepeda dan mobil, rencana fitur berbentuk  cincin untuk setiap mode transportasi dengan pusat yang dapat diakses hanya dengan berjalan kaki.



Dari Perencana :
'Distrik Budaya Kowloon Barat  adalah sebuah proyek ambisius untuk menciptakan distrik baru yang dinamis dengan kegiatan campuran untuk semua orang di Hongkong. Pendekatan kami adalah untuk menciptakan sebuah masterplan di mana batas-batas antara kegairahan hidup, bekerja dan bermain dikaburkan, ruang publik yang akan  menyambut kegairahan hidup tersebut, sehingga kualitas kehidupan perkotaan secara substansial meningkat. "



foster + partners: city park for the west kowloon cultural district



designboom.com