Friday 18 January 2013

Penggunaan Lampu untuk Taman Kota




Tata lampu suatu kawasan fasilitas umum/ruang publik tentu memerlukan perhatian khusus.Sebuah konsep tata lampu harus sesuai dengan fungsi dan estetika dari desain ruang publik tersebut.Bagi masyarakat atau dinas tata kota, ruang publik merupakan fasilitas yang disediakan bagi masyarakat untuk saling bersosialisasi. Bentuk ruang publik sangatlah beragam.Desain dan temanya juga dapat dibuat bervariasi sesuai dengan kondisi sosial dan kultur masyarakat sekitar (admin).
City Park, Bradford, Giles Rocholl Photography

Bradford City Park .Desain tidak hanya memperluas penggunaan ruang setelah gelap tapi menciptakan pengalaman pejalan kaki yang khas yang dapat dinikmati setiap saat.(arup.com)


Fasilitas yang ada didalam ruang publik atau taman kota misalnya; bangku taman, taman bunga, jogging track, arena bermain/playground, panggung hiburan, kolam dan air mancurmaskot, dan lain lain .

Konsep tata lampu taman atau city park harus memperhatikan faktor fungsional dan estetika.Oleh karena itu secara garis besar tipe lampu yang digunakan ada 2 yaitu:
  1. Lampu Penerangan
  2. Lampu Hias Atraktif

Bradford City Park .Desain tidak hanya memperluas penggunaan ruang setelah gelap tapi menciptakan pengalaman pejalan kaki yang khas yang dapat dinikmati setiap saat.(arup.com)

Model dan tipe lampu hias atraktif ada berbagai macam. Lampu hias ini dibuat dari material black steel pipe, acrylic, fiberglass, aluminium dan stainless steel. Pencahayaan dapat dilakukan dengan menggunakan lampu LED, laser, halogen dan lampu LHE (Hemat Energi).Aplikasinya dapat digunakan untuk : taman kota, plaza, fasilitas umum dan ruang publik lainnya.

 

 

 

Taman Bekapai di Kota Balikpapan

Taman Pelangi di Kota Surabaya, 

Lampu di Taman Vivo, Kota Singapura

Lampu di Taman Andam Dewi Kota Bengkalis

Lampu Taman Kota di kawasan Menteng,Jakarta
Dari :- rajalampu.wordpress.com, Indonesiabox.com, repeat.sebelas.net, kfk.kompas.com, wisatanesia.com; jeckosatrio.blogspot.com