Wednesday 9 January 2013

Highline Park : Taman di Bekas Jalur Kereta Api Layang, Manhattan-AS


Taman High Line New York
Highline Park
Taman High Line adalah taman publik yang dibangun di atas bekas jalur rel kereta api di sepanjang area West Side Manhattan. Taman High Line dibangun pertama kali pada tahun 1999 oleh komunitas warga setempat “Friends of the High Line”, yang berjuang untuk pelestarian bangunan bersejarah dari ancaman pembongkaran. Komunitas ini telah memberikan rekomendasi untuk pelestarian High Line dengan mengubah menjadi sebuah taman (greenway).
Taman High Line New York 7
Pada tahun 2004, pemerintah New York City berkomitmen untuk mendukung pelestarian bangunan dengan memberikan dana sebesar $50 juta. Walikota New York Michael Bloomberg dan Dewan Pembicara Kota Gifford Miller dan Christine C. Quinn adalah pendukung penting project ini.
High Line pertama kali dibangun pada tahun 1930 sebagai bagian dari proyek “West Side Improvement”, sebuah proyek besar bagi pembangunan infrastruktur publik. Jalur kereta setinggi 30 kaki ini dibangun untuk menggantikan kereta api dari jalanan di area industri terbesar Manhattan. Sejak tahun 1980, jalur kereta api ini sudah tidak berfungsi lagi.
Saat ini komunitas telah bekerja sama dengan New York City Department of Parks & Recreation untuk memastikan bahwa Taman High Line difungsikan dan dijaga sebagai ruang publik bagi semua kalangan.
Taman High Line New York 13

Taman High Line New York

Taman High Line New York 6

Taman High Line New York 12



Taman High Line New York 8

Taman High Line New York 2

Taman High Line New York 11
Via: The High Line