Wednesday 30 January 2013

Desain Kapel yang Terinspirasi Gaun Pengantin di Universitas Florida Utara, AS



Brooks + Scarpa dan KZF mendesain Kapel Interfaith baru di University of North Florida di Jacksonville, Florida. The Chapel 7000 diusulkan  untuk menjadi tempat khusus di mana siswa dan orang lain dapat kembali fokus pada kebutuhan rohaninya. Pada saat yang sama, Kapel akan mendukung berbagai layanan keagamaan yang beragam, acara  mahasiswa, pernikahan,  ceramah, praktek meditasi dan pertunjukan musik. Berikut ini kita dapat ikuti desain interiornya yang eklusif,konsep desain, sudut penyinaran alami dan detail desainnya



Bentuk bangunan melambangkan berbagai figur, seperti Keadilan, Iman, Harapan, Prudence Charity, dan Fortitude. Bentuk bangunan mengacu pada referensi gaun formal yang digunakan dalam pernikahan dan upacara ritual lainnya. Bagian atas bangunan,puncaknya berupa  langit-langit besar yang dinaungi oleh  menara kisi kayu yang bentuknya berasal dari simbol tak terhingga (Infinity).

Kombinasi mengalir secara alami dalam bentuk elemen kosmik dalam sebuah bangunan, unik & formal sementara menyediakan interior yang hangat dengan cahaya yang disaring dan tercermin lembut. Hal Ini mengilhami sebuah keajaiban yang tak terhapuskan, keadaan pikiran seperti mimpi yang melibatkan pengguna, mempertinggi rasa kesadaran, dan membawa pemahaman,pengalaman  yang lebih mendalam bagi pengunjung..

Bangunan ini didesain dengan berbagai fitur yang memperkuat rasa spiritualitas dan refleksi diri, dan merangkul lingkungan alam lokal maupun makro, dunia kosmologis. Dilihat dari tengah altar, jendela nampak ditempatkan tinggi di atas tanah, menghadap langsung ke utara pada sudut 30 derajat di atas horisontal. Jendela ini memberikan pandangan malam hari langsung dari Polaris tersebut.

The Polaris, atau Bintang Utara, adalah bintang navigasi yang digunakan pada jaman dahulu kala dan mempunyai sejarah penting. Karena posisinya di langit yang tidak peduli di mana Anda berada di belahan bumi utara, jika Anda menghadapi utara Anda menghadap ke arah Polaris. Ini berhubungan langsung dari interior kudus untuk sebuah simbol kosmis yang penting mendorong penampilan yang mencerminkan dan membentuk pemahaman yang lebih dalam dan lebih bermakna dari hubungan mendasar namun lembut yang ada di antara manusia, budaya kolektif kita, alam dan sumber daya vitalnya.

Desain yang diusulkan memiliki jendela dan bukaan lainnya yang ditempatkan strategis  di sekitar gedung untuk memungkinkan pandangan dan koneksi visual ke arah danau yang berdekatan, hutan terdekat, dan fitur alami dan kosmik yang penting. Beberapa jendela diselaraskan dengan musim dingin dan panas untuk memungkinkan penetrasi kualitas yang unik dari cahaya alami yang terjadi hanya selama matahari terbit dan terbenam dari momen istimewa ini. 

Bukaan lain dapat melihat danau, taman dan memberikan sambutan selamat ke kapel. Semua fitur ini memungkinkan kesempatan bagi pengguna untuk bersama-berbaur dengan momen spesial dari fenomena alam terkait dan menghormati peran iman dan spiritualitas.




Struktur
Strategi yang dikembangkan untuk sistem struktural muncul dari niat untuk mengembangkan tata letak, interior mengalir  fleksibel seperti diselimuti kerudung & gaun. Untuk mencapai maksud ini, kayu lamella digunakan untuk membingkai bangunan. Awalnya dikembangkan untuk gudang dan industri lain sebagai struktur berteknologi rendah yang mampu mencapai rentang yang sangat panjang, sistem truss kayu lamella telah digunakan selama hampir 100 tahun.
Bentang Struktural dan lainnya di lem kayu, dilaminasi individu yang terhubung sepanjang pola memotong garis diagonal untuk membentuk struktur atap berkubah berbingkai seperti pola dalam peti telur . Pendekatan dengan struktur bangunan memungkinkan pendekatan sistematis yang layak untuk bentuk perimeter yang kompleks.

Keberlanjutan
Bangunan ini membedakan dirinya dari kebanyakan proyek konvensional yang dikembangkan dengan menggabungkan langkah-langkah energi pasif dan aktif yang efisien dan mengoptimalkan kinerja bangunan yang menjamin pengurangan penggunaan energi selama  fase konstruksi sampai siap huni. Struktur atap besar menciptakan lingkaran yang selalu berubah terus menerus di sekitar bangunan yang bergerak di dalam dan luar seperti pena yang diangkat dari halaman, tetapi memperkuat niat untuk  menenun spasial bersama-sama, sebagai ruang tunggal di dalam ruangan dengan ruang luar. Dengan demikian, atap juga menyediakan naungan untuk mendinginkan bangunan, mengurangi penyinaran matahari langsung, meningkatkan privasi, sementara masih memungkinkan untuk cahaya alami yang besar dan ventilasi dengan kelembaban yang berada pada tingkat toleransi.

Strategi desain pasif termasuk: menemukan dan mengorientasikan bangunan untuk mengontrol beban pendinginan surya, membentuk dan mengarahkan bangunan untuk arah desiran  angin yang ada, membentuk bangunan agar menginduksi daya apung untuk ventilasi alami, merancang jendela untuk memaksimalkan cahaya siang hari, shading di bagian selatan dan barat-menghadap kaca, merancang jendela untuk memaksimalkan ventilasi alami, memanfaatkan perlengkapan aliran rendah dan pengelolaan air hujan, membentuk dan merencanaan interior untuk meningkatkan cahaya siang hari dan distribusi aliran udara alami. Studi arah matahari dan analisis energi awal dilakukan untuk menetapkan lokasi overhang dan penempatan kaca. Variasi tertentu dari kondisi iklim regional dipelajari untuk menggabungkan kondisi mikro dengan strategi regional, orientasi yang tepat, cahaya alami, bahan dan teknologi.

Form Generasi
Spiritualitas adalah konsep realitas material utama: jalur batin yang memungkinkan seseorang untuk menemukan nilai dan makna terdalam di mana orang hidup. Pengalaman spiritual harus menghasilkan lebih  komprehensif : bergabung dengan komunitas manusia, alam, kosmos atau alam ilahi. Simbol-simbol ini dimaksudkan untuk membangkitkan rasa keingintahuan & pengingat darimana dunia berasal , mengapa kita berada di sini ?, Semua ini diwujudkan dalam bentuk  nilai-nilai seperti keindahan dan kreativitas untuk mengungkapkan makna atau kekuatan di luar dunia nyata kita.











via : http://www.evolo.us/architecture/brooks-scarpa-with-kzf-design-proposal-for-the-new-interfaith-chapel-at-the-university-of-north-florida/