Tuesday 27 December 2011

RANKING KOTA2 KITA YANG UDARANYA TERBERSIH

Langit Biru merupakan penghargaan untuk kota-kota dengan udara terbersih di Indonesia. Dengan program langit biru yang dibuat Kementerian Negara Lingkungan Hidup ini, kota-kota di Indonesia dinilai berdasarkan kualitas udara perkotaan. 


Tujuan dari program langit biru adalah untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan daripencemaran udara, terutama yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan.Pemilihan kota-kota dengan kualitas terbaik, sebagai penerima penghargaan Langit Biru, didasarkan pada empat parameter utama dan parameter tambahan. Parameter utama penilaian udara terbersih antara lain manajemen lalu lintas, kualitas bahan bakar, hasil uji emisi kendaraan, dan kualitas udara di jalan raya masing-masing kota. Ditambah dengan upaya pemda setempat dalam mereduksi emisi dan penataan kota, sebagai tambahan parameter penganugerahan penghargaan Langit Biru.


Pada tahun 2011 ini, terdapat 26 kota di seluruh  Indonesia yang ikut dinilai kualitas udaranya. Ke-26 kota tersebut dibagi dalam dua kategori yakni kota metropolitan (14 kota) dan kota besar (12 kota).  Kota Metropolitan yang dinilai meliputi Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Semarang, Surabaya, Medan, Bandung, Tangerang, Makassar, Depok, Palembang, dan Bekasi. Sedangkan ke-12 kota besar, meliputi Surakarta, Batam, Malang, Balikpapan, Bogor, Yogyakarta, Bandar Lampung, Denpasar, Samarinda, Banjarmasin, Padang dan Pekanbaru.


Setelah melalui penilaian selama Maret-September 2011, Kementerian Negara Lingkungan Hidup kemudian menetapkan 3 kota metropolitan dan 3 kota besar dengan kualitas udara terbaik (paling bersih) yang kemudian menerima penghargaan Langit Biru. Keenam kota tersebut adalah:Kota Langit Biru Terbaik untuk Kategori Kota Metropolitan, yaitu:Kota Surabaya (dengan nilai kumulatif indeks fisik dan nonfisik 7,21) Kota Medan (nilai 6,72) Kota Jakarta Timur (nilai 6,67) Kota Langit Biru Terbaik untuk Kategori Kota Besar, yaitu:Kota Surakarta (nilai 8,42) Kota Batam (nilai 8,17) Kota Malang (nilai 7,71) Kementerian Negara Lingkungan Hidup juga merilis peringkat 10 besar kota dengan udara terbersih secara keseluruhan berdasarkan nilai komulatif indeks fisik dan nonfisik.


Dari 26 kota Metropolitan dan Besar, kota dengan kualitas udara terbaik versi Langit Biru berturut-turut adalah Surakarta, Kota Batam, Malang, Surabaya, Bogor, Medan, Jakarta Timur, Bandung, Balikpapan, dan Yogyakarta. Sedangkan tiga kota dengan kualitas udara terjelek disandang oleh Semarang, Bekasi, dan Jakarta Barat.
Nah, kota anda termasuk yang mendapatkan predikat Kota Langit Biru Terbaik, termasuk dalam 10 kota dengan udara terbersih atau bahkan tergolong 3 kota dengan kualitas udaranya terjelek?. Apapun itu,  kita semua mempunyai andil di sana. Sumber : sains.kompas.com/read/2011/12/14/14484238/