Monday 13 July 2015

Konsep Masjid Berbentuk Bola Menggunakan Energi Surya

Pristina solar mosque
Desain masjid ini dibuat oleh arsitek Italia Paolo Venturella dalam rangka mengikuti sayembara/kompetisi "Desain Masjid Utama di Pristina-Kosovo" yang diadakan oleh Komunitas Islam Kosovo. 
Rencananya konsep masjid  ini akan menggunakan listrik dari energi surya untuk penerangannya.

 Pristina solar powered mosque
 Bentuk dinding yang seperti bola membuat ruangan menjadi melengkung dan mengarah ke kiblat yang ada di dinding datar. Bentuk lengkung permukaan masjid akan memudahkan bagi penyerapan sinar matahari sepanjang siang hari untuk disimpan sebagai penggerak tenaga listrik.


image

Seluruh permukaan kubah masjid dilengkapi lobang jendela kaca horisontal untuk pencahayaan sinar matahari dan ventilasi udara.
Interior masjid membagi ruangan menjadi beberapa lantai dan dibuat pemisahan untuk jamaah laki laki dan wanita. 
 Floor plan (Image: Paolo Venturella, Angelo Balducci, Luca Ponsi, Paolo Gaeta)

Komunitas Islam Kosovo mengharapkan masjid ini bisa menjadi tempat pemahaman, kemanusiaan, toleransi, hormat dan cinta yang tulus untuk diberdayakan dan nilai nilai pencerahan yang diutamakan.
Kritikan dari desain masjid ini : menara tidak ada

 Street view of the Prishtina Central Mosque entry by Paolo Venturella, Angelo Balducci, Luca Ponsi, Paolo Gaeta (Image courtesy of the architects)

  Site plan (Image: Paolo Venturella, Angelo Balducci, Luca Ponsi, Paolo Gaeta)

Exterior rendering (Image: Paolo Venturella, Angelo Balducci, Luca Ponsi, Paolo Gaeta)

 via : designboom & archinect
 
diselenggarakan oleh Komunitas Islam Kosovo, desain Paolo Venturella telah menjadi salah satu yang paling kontroversial dari 81 proyek yang diajukan sebelum batas waktu Maret.

Pristina solar powered mosque

 image