Saturday 11 July 2015

Desain Masjid Unik Seperti Binatang Purba "Loch Ness"



 

Dari kejauhan nampak menara masjid dan masjid secara keseluruhan seperti binatang Loch Ness yang muncul diatas air


Bangunan masjid modern pada umumnya dicirikan dengan bentuk bangunan masjid yang khas atau bentuk menaranya yang indah. Bagaimana kalau bentuk menara masjid yang vertikal tidak berbentuk kaku tetapi berbentuk elastis ? Menara masjid ini seperti leher binatang purba "Loch Ness" yang banyak dilihat oleh beberapa orang saksi mata tetapi tidak pernah ditemukan di danau tempat asalnya.
 
ilustrasi
 
Masjid Raya Sinan di desain oleh Nuvist Architectural Design Studio dalam rangka mengikuti kompetisi nasional arsitektur masjid di Turki.
Masjid ini desainnya tidak banyak menggunakan sudut sudut bangunan melainkan dalam bentuk gelombang seperti benda lentur diatas lahan rerumputan di dekat sungai.

 


Bangunan masjid dikombinasikan dengan adanya air di tepinya apabila dilihat dari kejauhan memberikan kesan  keseluruhan bangunan masjid seperti makhluk purba sedang muncul di permukaan air.
Atap masjid melengkung yang tidak simetris memberikan nuansa yang tidak kaku seperti halnya anatomi makhluk hidup yang cenderung tidak bersudut.







 




Legenda "Si Leher Panjang"
Loch Ness adalah salah satu dari hewan mistis legendaris. Monster ini kali pertama diklaim terlihat di danau Loch Ness, Skotlandia.

Sebuah surat atas nama Williaw Fraser, seorang Kepala Polisi Kota Administratif Inverness, Skotlandia ditujukan kepada Wakil Menteri Luar Negeri Skotlandia 70 tahun lalu melaporkan penampakan besar-besaran monster berleher panjang ini. Surat itu ditemukan baru-baru ini di Arsip Nasional Skotlandia.

Pada surat tertera tahun sekitar 1930 itu menyebutkan sejumlah penampakan besar-besaran dari monster berleher panjang seperti Plesiosaurus, dinosaurus reptil berleher panjang.

Sebelumnya ilmuwan Rusia mengaku  telah menemukan 'rahang dan tulang' yang diklaim sebagian orang sebagai monster Loch Ness Siberia -- atau akrab disebut "Nesski" oleh penduduk lokal.

Keberadaan makhluk ini  juga pernah dilaporkan di danau terbesar Inggris, Danau Windermere, 2006 silam. Banyak yang mengira makhluk tersebut merupakan dinosaurus yang masih tersisa dan hidup di dasar danau .via : liputan6