Sunday 8 February 2015

Kota Calgary-Canada Dipimpin Walikota Terbaik Di Dunia, Beragama Islam



Kota Calgary-Canada        
Walikota terbaik di dunia versi World Mayor telah menobatkan yang pertama adalah walikota Calgary-Canada, Naheed Nenshi. Di urutan kedua adalah Daniel Termont, Walikota Ghent, Belgia, dan urutan ketiga adalah Walikota Surabaya-Indonesia yaitu Tri Rismaharini. Berbanggalah di Indonesia ada walikota yang mendapat penghargaan terbaik ketiga di dunia. 

Walikota Muslim di Kanada ini Jadi Walikota Terbaik Dunia
Walikota Calgary Naheed Nenshi yang juga merupakan seorang muslim dinobatkan sebagai walikota terbaik dunia karena atas usahanya dalam membuat peningkatan kehidupan masyarakat di salah satu kota terbesar di Kanada itu. Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga seorang muslim yang membuat kota Surabaya menjadi sejuk dan nyaman dengan taman2 kotanya. 
“Dia (nenshi) seorang visioner perkotaan yang tidak mengabaikan seluk-beluk pemerintah daerah,” tulis pernyataan City Mayor Foundation, penyelenggara ajang penghargaan ini.
“Bagi banyak orang di Amerika Utara dan Eropa, Walikota nenshi menjadi panutan dalam manajemen, inklusivitas dan berpikir ke depan.”
Nenshi merupakan walikota Kanada pertama yang memenangkan penghargaan ini. Di urutan kedua adalah Daniel Termont, Walikota Ghent, Belgia, dan urutan ketiga adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini.
Penghargaan walikota terbaik ini dilakukan setiap dua tahun sekali oleh World Mayor. Nenshi merupakan walikota beragama Islam pertama di Amerika Utara pada tahun 2010. Saat ini, dia menjalani masa jabatan kedua dan merupakan Walikota Calgary ke-36. Calgary merupakan kota keempat terbesar di Kanada.(via : news.fimadani ).
SEORANG walikota Muslim di Kanada telah membuktikan dirinya mampu mengabdi dengan maksimal. Atas kepuasan masyarakat terhadap kinerja walikota Muslim pertama kota Calgary ini, hingga membuatnya terpilih kembali untuk menduduki jabatan sebagai orang nomor satu di kota Calgary.
Nahid Nanshee, adalah Muslim asal kota Calgary, Kanada, yang beberapa tahun lalu terpilih menjadi walikota, dan saat ini kembali dipilih masyarakat untuk memimpin kota terbersih di dunia ini.
Pelayanan yang tepat dan cepat dalam menanggapi bencana banjir yang melanda sebagian besar kota ini, telah membuat masyarakat merasa sangat puas dengan kinerja Nahid.
Kota Calgary saat ini memiliki 1 juta seratus ribu jiwa.
Calgary Herald melaporkan bahwa Nahid telah menggelar diskusi terbuka dengan warga kota mengenai masyarakat seperti apa yang mereka inginkan.
“Warga kota Calgary menginginkan sebuah masyarakat yang enerjik dan gembira, dan saya telah melakukan segala upaya untuk mewujudkan masyarakat seperti yang mereka harapkan,” pungkas Nahid. [sm/islampos/sha/ch]

Gambaran kota Calgary
Kota Calgary terletak di antara Pegunungan Rocky dan padang rumput di Kanada, lebih dari seribu meter di atas permukaan laut, Calgary adalah kota yang paling bersih di Kanada.
Ada dua sungai yang mengalir melalui kota ini, Sungai Bow dan Sungai Elbow yang menjaga kelembaban di daratan Calgary. Selain dekat dengan pegunungan dan sungai, kota ini juga dekat dengan kawasan hutan. Faktor-faktor itu membuat kota ini berudara segar dan dipertimbangkan menjadi kota terbersih di urutan nomor satu di dunia.
Padahal, kota ini berpenduduk 1 juta jiwa yang mayoritas berkegiatan di sektor industri, utamanya industri energi. Hal ini menjelaskan bahwa pemerintahnya menyediakan pelayanan yang memuaskan dan memenuhi kebutuhan warganya dan menjadikan tempat yang layak untuk hidup di dunia.

Kota Calgary merupakan daerah tujuan wisata alam serta tempat olahraga musim dingin. Pada tahun 1988 kota ini pernah menjadi tuan rumah olahraga Olimpiade musim dingin. Sekitar 80 km di sebelah barat Calgary terdapat Pegunungan Rocky. Ekonomi Calgary bergantung pada industri minyak bumi, meskipun pariwisata dan industri berteknologi tinggi turut menyumbang perekonomian kota ini.
Fasilitas Bandara internasional menghubungkan Calgary dengan kota-kota di benua Amerika dan Eropa melalui jalur udara secara langsung.(wikipedia)