Thursday 14 March 2013

Desain Bus Kota dengan Penggerak Energi Listrik

Exterior of concept
Bus Listrik - Andrew Crawshaw
Di Jakarta, untuk mendukung kota yang bersih dari polusi udara sudah mulai digunakan bus kota/busway yang menggunakan bahan bakar gas.Bahan bakar gas  ini bersih tetapi termasuk energi yang tidak terbarukan, mungkin suatu saat bus di Jakarta akan menggunakan energi listrik dari baterai yang dibangkitkan sumber energi yang tidak pernah habis yaitu matahari.(admin)
Konsultan khusus kendaraan Listrik  e-Traction mengajukan proporsal rancangan sebuah bus baru yang berbasis teknologi, menurut pemilik konsultan desain  Andrew Crawshaw.
Konsepnya memfasilitasi perusahaan kendaraan listrik yang didukung oleh baterai dan modul extender  untuk mengisi baterai, jika kehabisan energi   listrik  .


Interior of concept
Interior bus
Baterai akan disimpan di atap bus, sementara pengisian akan disediakan oleh pantograph overhead, yang ada di atap.
Tubuh bus panjangnya 12 m yang akan diproduksi dalam dua bagian utama menggunakan 'komposit kedirgantaraan  dan struktur pilar segitiga yang akan membantu mendukung beban atap dan sisi tubuh.


Konsep untuk interior dan eksterior kendaraan telah dikembangkan, termasuk layout untuk tempat duduk, peralatan utama dan detail konstruksi.



Desain akhirnya merupakan salah satu dari  30 model yang disajikan oleh Segitiga Desain e-Traction dan sekarang digunakan untuk mencari produsen dari 'Inggris yang merupakan salah satu pasar utama mereka, "kata Crawshaw.Via : Treehugger.com