Thursday 12 March 2015

Desain Perpustakaan Modern di Copenhagen-Canada



Bentuk bangunan mencerminkan gagasan sirkulasi yang terus menerus dan bila dipandang dari berbagai arah nampak tidak pernah putus . Situs ini dikelilingi oleh taman, laut, dan kota. Perpustakaan baru ini menyatukan ketiga unsur disekitarnya dengan baik, sehingga  perpustakaan ini menjadi tempat yang nyaman untuk pertemuan dan pertukaran informasi bagi pengunjung.


Lantai dasar merupakan ruang publik dan ruang masuk yang terletak di sepanjang jalan yang menghubungkan taman, laut, dan kota. Ruang pendidikan (ruang kuliah, ruang multimedia), ruang rekreasi (toko buku, kafe), dan ruang fungsional (lift inti, toilet, kantor, loker, ruang kontrol) nampak menyatu dan mencair dengan jalan umum.

Seperti tipologi bangunan tradisional di Denmark, perpustakaan baru ini berbentuk courtyard, tetapi dengan model yang lebih kontemporer. Fasad, atap, halaman dan skylight terbuat dari satu sistem yang terintegrasi. Sistem yang terintegrasi ini memungkinkan berlimpahnya sinar matahari siang hari yang disaring ke ruangan untuk membuat suasana yang menyenangkan.



Lantai kedua diperuntukkan untuk ruang baca. Ruang ini tampak indah dengan ornamen disekitarnya. Suasana ini membuat santai di tengah alam yang mengingatkan budaya unik Denmark  'HYGGE'.

Kompetisi      : AWR Copenhagen Kompetisi Perpustakaan baru yang modern 
Nama Proyek: Hygge yang alami
Arsitek           : Sang-Uk & HeeyunArsitek yang bertanggung jawab: Sang-Uk Park, Heeyun BangLokasi: Copenhagen, DenmarkArea: 1.700 meter persegiTahun: 2014
 

 
sumber : evolo.us