Monday 13 May 2013

Filosofi Gedung "DPR" Reichstag Jerman


Gedung Reichstag, Berlin

Pengembangan baru gedung Reichstag di Berlin tidak hanya berfungsi sebagai tempat pengambilan keputusan, tetapi juga sebagai museum yang bisa dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia pada setiap hari. Filosofi pembangunan gedung ini mungkin bisa menjadi Inspirasi bagi pengembangan Gedung DPR- RI di masa mendatang

Filosofi Dibalik Bangunan “DPR” Reichstag Berlin 
Berlin memang ibu kota Negara federasi Jerman, setelah sempat Bonn menjadi ibu kota sementara saat perang dunia kedua.
Perang dunia kedua menyebabkan banyak kehancuran dimana-mana, begitu juga gedung parlemen atau Reichstag yang tak luput dari bencana kebakaran dan serangan udara.
Akhirnya setelah perang mereda pemerintah Jerman membuka sayembara untuk kembali membangun gedung kekaisaran parlemen Jerman.
Sayembara pada tahun 1992 dilakukan untuk merestorasi bangunan ini, dimenangkan oleh Perusahaan Konsultan Norman Foster.
Norman meneruskan konsep bangunan yang telah dirancang sebelumnya oleh para desainer sebelumnya seperti Baumgarten tahun 60-an, seperti tetap membiarkan kubah kaca sebagai kelebihan dari bangunan ini.
Kubah kaca yang modern merupakan simbol dari transparasi pemerintahan kepada rakyat dan pantulan bahwa parlemen adalah rakyat Jerman juga.
Artinya tidak aka nada korupsi, kolusi dan nepotisme yang akan dilakukan anggota parlemen karena gerak gerik mereka akan langsung diawasi oleh rakyat Jerman.
Kubah yang tempatnya berada diketinggian mengandung arti bahwa pemerintah dapat melihat apapun yang terjadi pada rakyatnya secara langsung.
Sebelum menuju kubah diatas anda harus melewati tangga yang memutar, maksudnya adalah Negara Jerman akan selalu berorientasi ke masa depan.
Didepan gedung pun tertulis Dem Deutschen Volke yang artinya ialah “Kepada Rakyat Jerman”.
Memang gedung ini dahulu kala adalah sebagai persembahan atau hadiah untuk rakyat Jerman pada masa kaisar Wilhelm pertama.
Selain elemen kaca pada gedung ini, elemen lainnya adalah baja yang bermakna kekuatan, karena Jerman mempunyai harapan dapat melindungi warganya dan menjadi Negara yang mempunyai kekuatan di berbagai bidang.
Saat ini gedung Reichstag tidak hanya berfungsi sebagai tempat pengambilan keputusan, tetapi juga sebagai museum sehingga banyak pengunjung setiap harinya dari seluruh dunia.
“Sungguh kesempatan yang luar biasa bisa mengunjungi sekaligus banyak belajar mengenai arti bangunan Reichstag Berlin Jerman," ujar salah satu kontributor PelitaOnline di Berlin.
via : properti.pelitaonline