Tuesday 14 May 2013

Desain Kindergarten Alami di Kota Fuji, Jepang


Kindergarten merupakan sekolah usia dini anak anak untuk berekspresi, mencari tahu, bersosialisasi. Banyak desain sekolah yang mirip satu dengan lainnya,tetapi ada desain Kindergarten di jepang yang alami seperti berikut ini. 

Pohon yang sangat menawan ini merupakan pusat dari bangunan TK Fuji di Jepang. Didesain oleh Yui dan Takaharu Tezuka, bangunan berstruktur kaca dan kayu ini dibangun mengelilingi sebuah pohon yang berumur 50 tahun, menciptakan bagian taman dan ruang bermain yang indah.Disamping memberikan nilai estetika dan keteduhan, pohon tersebut juga memiliki riwayat hidup yang tidak biasa.

Kabarnya, terjangan topan telah membuat pohon hampir mati dan kering, namun perlahan lahan  pohon ini secara bertahap dapat pulih kembali seperti semula.

Bangunan TK yang dibangun melingkari pohon ini seakan-akan ingin mencengkeram kisah inspirasional yang dimilikinya untuk disalurkan ke anak-anak yang bermain dan belajar di TK tersebut.

Arsitek Jepang, Tezuka Arsitek telah menyelesaikan proyek Ring Around a Tree bangunan Taman Kanak-kanak Yang Unik di Fuji, Japan. Terletak berdekatan dengan sekolah yang sudah ada, struktur berfungsi sebagai keduanya dan anak anak diajarkan berbahasa Inggris.

Dikelilingi oleh cabang-cabang pohon dan dedaunan, struktur terlihat membatasi antara lingkungan internal dan eksternal, dan dibangun dgn model alami. Tujuh plat lantai sederhana mengelilingi pohon yang memutar, ruangan dan tangga juga termasuk dalam bayang-bayang daun dan kayu.

Bentuk bulat dengan tangga berputar mencerminkan bahwa  bangunan utama  sebagian besar dinaungi oleh kanopi pohon. Ketinggian bangunan sekitar 5 meter.Struktur rumah pohon-seperti membuka fitur serangkaian ruang terbatas dan ruang tertutup yang dapat diakses hanya dengan berjongkok, anak anak merangkak , banyak hambatan, semua lantai tangga  tertutup lembaran karet lembut yang berfungsi sebagai bantalan kecil, lembut untuk mencegah  kecelakaan yang tidak terelakkan.

Ruang kelas tertutup kaca yang jelas nampak meja dan kursi tradisional, lingkungan belajar dengan suasana nyaman dan membebaskan dari unsur-unsur yang membahayakan anak anak.
Pohon Zelkova tersebut telah berumur lebih dari 50 tahun. Ketika TK Fuji dilanda angin topan dan hampir tumbang, pohon tersebut menjadi kering sepenuhnya tetapi bisa pulih kembali. Warga tua di daerah mengingatkan bahwa pohon zelkova ini hanya digunakan oleh anak-anak untuk memanjat dan permainan bahkan sebelum ada taman kanak-kanak.