Friday 26 April 2013

Bangunan Kota Terinspirasi Terasering Sawah di Vietnam

Paviliun yang Bertemakan 'Sawah Modern'
Ide atau konsep bangunan dapat terinspirasi dari kondisi sekeliling yang dilihat desainernya.  Seiring bergantinya zaman, kebudayaan masyarakat Vietnam di bidang pertanian padi mengilhami gaya arsitektur sebuah paviliun ‘pavilion dream of terrace’.
Paviliun yang direncanakan selesai pada tahun 2015 ini, didesain oleh perusahaan arsitek H&P Architect. Pavilion dream of terrace ini memiliki struktur bangunan baja yang ditutupi dengan kayu yang disusun secara tumpang tindih, menyerupai susunan terasering sawah.

Pada eksterior bangunan, ditanami oleh tanaman padi yang ditanam pada pot kaca transparan yang panjang di setiap tingkatannya, lengkap dengan sistem pengairannya yang mirip seperti sawah sebenarnya. Dikelilingi oleh kolam yang memiliki ketinggian ‘seolah’ sejajar dengan jalan setapak menuju pintu masuk paviliun.

Interior bangunan ditutupi penuh dengan material kayu, yang difungsikan sebagai tempat pertunjukan seni, seperti musik modern atau tradisional Vietnam, tarian modern atau tradisional, teater, atau pertunjukan lainnya.

Pot kaca transparan yang panjang dan bilik-bilik ventilasi berfungsi sebagai ‘skylight’ yang menerangi ruangan didalamnya, sehingga menghemat penggunaan listrik untuk pencahayaan pada siang hari.

Secara keseluruhan, bangunan ini mencoba memahami kondisi iklim secara mikro, yakni mencoba menyediakan makanan (dari padi yang ditanam di eksterior bangunan) , dan sebagai ruang edukasi seni (fungsi pada interior bangunan).

Via : properti.pelitaonline

Tambahan : (via : designsandprojects)