Monday 29 October 2012

Kompetisi Pembangunan Pelabuhan Bispevika di Norwegia


Aerial - Rendering oleh MIR
Perusahaan Konsultan Perencana PUSHAK mengajukan proporsal penataan Kawasan Pelabuhan terpadu dengan luas 35.000 m2 di Bispevika, Oslo-Norwegia. PUSHAK memaksimalkan pemandangan pelabuhan dan mengintegrasikan metode desain pasif untuk meminimalkan penggunaan energi. Proposal tersebut merupakan bagian dari kompetisi yang dilakukan di bulan Januari 2012. Berikut ini kita lihat rincian proyeknya.
  
       


Lihat bingkai kawasan yag direncanakan  - Courtesy of Pushak
Konsultan PUSHAK mengusulkan hub 35.000 meter persegi mengarah ke lokasi bekas pelabuhan Oslo. Setiap gedung serba guna pelabuhan mengarah ke pemandangan bingkai  bukit coklat di pulau yang "kaya-spesies" . Bangunan-bangunan bertingkat dengan teras kayu yang  menyediakan ruang santai dan mengarah ke lokasi pulau yang memberi kesan alami. 


Site Plan - Courtesy of Pushak
Dalam rangka memenuhi kenyamanan, 10 persen dari air laut akan diolah  dalam tiga cekungan/kolam mengambang yang terpisah dari halaman dari jalan umum. Karena kualitas air rendah, kolam dibuat tertutup dan sebagian setengah tertutup yang memungkinkan kontrol sirkulasi air. Kolam juga akan digunakan oleh restoran lokal untuk menyimpan tiram, lobster dan budidaya rumput laut.
Section - Courtesy of Pushak
Pemanas surya pasif dimungkinkan dengan yang dibangun secara kompak untuk meminimalkan kehilangan panas. Halaman yang dikelilingi dinding memungkinkan untuk ventilasi alami di musim panas dan melindungi angin dingin di musim dingin. Energi surya, air laut hangat yang dipompa dan  pemanasan air untuk distrik yang berkelanjutan juga diusulkan.


Courtesy of Pushak
Hampir semua unit memiliki balkon atau teras pribadi. Paviliun Semi publik  dibuat pembatas antara  batas untuk publik dan pribadi sekaligus menciptakan ruang outdoor yang menyenangkan. Teras bersama di atap memberikan ke semua penghuni untuk dapat melihat pemandangan yang luas. 


Arsitek  : PUSHAK
Klien      : HAV Eiendom
Lokasi  : Bispevika, Oslo, Norwegia
Proyek Ukuran: 35.000 meter persegi
Proyek Status:  Kompetisi 

via: 
http://www.archdaily.com/186555/competition-entry-for-bispevika-development-in-norway-puskak/