Taman Kota sudah merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat kota yang umumnya padat penduduk. Di Indonesia yang iklimnya panas, taman kota yang indah dan rindang dapat memberikan kesejukan bagi masyarakat yang lewat dengan kendaraan maupun yang berjalan jalan di taman tersebut. Bagaimana perbandingannya dengan negara lain ? mari kita lihat berikut ini di China.
Wednesday, 29 February 2012
Tuesday, 28 February 2012
Konsep Perluasan Perpustakaan Nasional Austria di Wina
Ide ide kreatif selalu digali dari warga kota dalam bentuk ikut berpartisipasi memilih model bangunan yang disayembarakan sehingga masyarakat merasa sangat memiliki bangunan dan fasilitas tersebut (self belonging). Dengan adanya gambar gambar ini diharapkan arsitek, desainer kota, Pemerintah Kota dan masyarakat di Indonesia diharapkan dapat terinspirasi untuk membuat karya karya yang spektakuler di era global saat kini.
Sunday, 26 February 2012
Grand Design Pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta
Percepatan proses pengembangan Bandara Soekarno-Hatta mutlak untuk dilakukan. Hal itu mengingat jumlah pergerakan penumpang saat ini telah mencapai dua kali lipat dari kapasitas yang tersedia, yaitu 44,3 juta penumpang per tahun yang dilayani 14 maskapai pada jalulr penerbangan domestik dan 41 maskapai di rute internasional.
Friday, 24 February 2012
Konsep Movieland-Indonesia : Pusat Industri Film & TV
Proyek ini adalah visi dari Jababeka untuk masa depan industri pertelevisian, radio dan film di Indonesia. Posisinya yang strategis di pusat kota Jababeka memudahkan untuk menggunakan berbagai infrastruktur dan failitas yang ada khususnya untuk
Thursday, 23 February 2012
Konsep Water Front City Palangkaraya
Pulau Kalimantan sebagian besar merupakan dataran karena tidak ada gunung berapi.Transportasi utama yang banyak digunakan penduduk sejak dulu melalui sungai dengan dermaga yang banyak dibuat dari kayu Ulin/kayu besi yang saat ini mulai langka dan mahal.Bangunan baru saat kini mulai banyak dari beton bertulang seperti dalam konsep pembangunan WaterFront City.
Kota Palangkaraya merupakan ibukota provinsi Kalimantan Tengah. Dari http://studiodesainarsitektur.blogspot.com/ kami peroleh berita bahwasanya
konsep desain ini telah memenangkan sayembara
"Palangkaraya RiverFront City". Berikut ini konsep desainnya.
Di tepi sungai Kahayan nampak tugu 0 Soekarno.Pengmbangan kota memanfaatkan jalur sungai yang saat ini cukup ramai dipadukan dengan jalan darat. Dengan demikian ada 2 orientasi kegiatan yaitu di jalan raya dan di sungai .
Kota Palangkaraya merupakan ibukota provinsi Kalimantan Tengah. Dari http://studiodesainarsitektur.blogspot.com/ kami peroleh berita bahwasanya
konsep desain ini telah memenangkan sayembara
"Palangkaraya RiverFront City". Berikut ini konsep desainnya.
Di tepi sungai Kahayan nampak tugu 0 Soekarno.Pengmbangan kota memanfaatkan jalur sungai yang saat ini cukup ramai dipadukan dengan jalan darat. Dengan demikian ada 2 orientasi kegiatan yaitu di jalan raya dan di sungai .
Wednesday, 22 February 2012
Coober Pedy, Kota Yang Ada Di Bawah Gurun Australia
Coober Pedy merupakan sebuah kota yang terletak di bagian utara Australia Selatan dan dikenal sebagai ibukota opal dunia, karena hampir 95 persen dari pasokan opal dunia berasal dari tambang setempat. Ini kota kecil dengan penduduk sekitar 3000 memiliki cara hidup yang unik - hampir setengah dari mereka hidup di bawah tanah.
Kembali pada tahun 1916 ketika orang-orang pindah ke Coober Pedy untuk tambang opal, suhu musim panas yang keras mengusir mereka ke dalam gua-gua yang digali ke lereng bukit. Ketika suhu di luar mengamuk lebih dari 40 derajat Celcius, suhu di bawah tanah tetap nyaman dan hampir terus-menerus sepanjang tahun. Bahkan saat ini, orang kota lebih memilih untuk membangun rumah mereka di gua-gua bawah tanah. Bahkan, banyak dari rumah yang ditinggali sekarang adalah sisa dari jalur tambang opal.
Membangun rumah baru di Coober Pedy jauh lebih murah dan lebih cepat dibandingkan dengan metode pembangunan konvensional. Rumah modern bukan dalam gua seperti yang orang-orang bayangkan namun digali ke sisi bukit. Pintu masuk biasanya di tepi jalan, dan kamar digali jauh kesamping arah bukit.
Tuesday, 21 February 2012
Konsep Desain Pelabuhan Kaohsiung-Taiwan
Indonesia merupakan negara kepulauan atau negara maritim.Pelabuhan sebagai pintu gerbang suatu pulau dengan pulau yang lain apabila ditata dengan baik dan desain yang membanggakan akan memberikan semangat bagi masyarakat untuk fokus di bidang ekonomi kelautan.
Biro Arsitek HMC yang berbasis di Los Angeles membuat desain Pelabuhan Kaohsiung dan Cruise Service Terminal di Taiwan. Desain ini terpilih dari lima finalis.
Biro Arsitek HMC yang berbasis di Los Angeles membuat desain Pelabuhan Kaohsiung dan Cruise Service Terminal di Taiwan. Desain ini terpilih dari lima finalis.
Proposal HMC Architects merencanakan visi ikon gateway ke Kota Kaohsiung, dan jendela ke dunia-luar yang divisualisasikan dari dalam. Ini menciptakan sebuah datum perkotaan baru yang menciptakan suasana yang memungkinkan adanya interaksi antara pengunjung, warga, dan Kota. Pelabuhan
Kaohsiung sebagai pintu gerbang ini dirancang untuk mendorong kegiatan secara fisik dan ekonomis agar tercapai transformasi Kota tepi laut dari masa lalu sebagai pusat kegiatan industri menjadi masa depan yang lebih menarik.
Kaohsiung sebagai pintu gerbang ini dirancang untuk mendorong kegiatan secara fisik dan ekonomis agar tercapai transformasi Kota tepi laut dari masa lalu sebagai pusat kegiatan industri menjadi masa depan yang lebih menarik.
Rancangan ini meliputi kegiatan pelayaran dan terminal feri internasional, tersedia 700-ruang parkir bawah tanah dan kantor petugas pelabuhan. Suasananya dirancang untuk memberikan ketenangan dalam kegiatan perjalanan, ruang interior bermandikan cahaya alami yang nyaman dan pemandangan ke laut dan ke kota untuk menciptakan sebuah pengalaman mengesankan bagi turis maritim dan komuter. Sirkulasi di dalam ruang pelabuhan direncanakan agar mudah di ikuti oleh calon penumpang, memepertimbangkan jalur jalur keluar pelabuhan bila ada bencana atau kebakaran. dan mengakomodasi datangnya sesekali turis kapal pesiar dalam jumlah besar.
Sebagai struktur berkelanjutan yang bergema mulus dengan konteksnya, desain bangunan mengikuti irama alam dengan mempertimbangkan penyinaran matahari, angin, bangunan kaca transparan yang memberi kesan luas dan dilengkapi berbagai jenis tanaman yang sekaligus mempromosikan perlunya keanekaragaman hayati.
Sumber. http://forum.vivanews.com/showthread.php?
Inilah desain-desain Arsitektur yang sangat Inovatif dan Megah tersebut.
Sunday, 19 February 2012
Konsep Kota Masa Depan yang Ramah Lingkungan
Seperti apa kota di masa depan? Arsitek-arsitek di MAD punya konsepnya. Mereka punya model konseptual untuk Huaxi Citi Centre di Guiyang, China. Konsep peduli lingkungan dipadu dengan teknologi modern terkini di abad 21.
"Konsep kota tidak lagi ditentukan oleh logika revolusi industri yaitu kecepatan, keuntungan dan efisiensi, tapi sudah harus mengikuti aturan alam"
Menurut Dezeen architecture and design magazine, perkembangan perkotaan di China 15 tahun terakhir banyak dipengaruhi oleh konsep-konsep pro-industri yang kurang terkonsep baik, tidak beraturan, dan "tidak punya hati". Proyek Huaxi diklaim memadukan kebutuhan manusia moderen dengan dunia lingkungan di sekitarnya. Dengan proyeksi bahwa 200 hingga 400 kota baru yang akan dibangun di China di 20 tahun yang akan datang, sepertinya konsep yang peduli lingkungan ini sangatlah bagus.
Bekerja sama dengan Shanghai Tongji Urban Planning and Design Institute, Studio 6, MAD mengembagkan suatu master plan untuk kota Huaxi. Mereka mengundang 10 kantor arsitektur energik untuk mengikuti workshop 3 hari untuk mempelajari bagaimana memadukan unsur-unsur lingkungan dan budaya dalam desain mereka untuk dirumuskan ke dalam satu master plan.
Desain oleh MAD (China):
Desain oleh MAD (China):
Puncak gunung dijadikan latar belakang dari satu struktur yang menyerupai kaki bukit di sekelilingnya. Jendela-jendela dan teras di sekeliling bangunannya menampilkan pemandangan indah di sekitarnya.
Desain oleh Serie (UK/India):
Bangunan ini condong ke satu sisi untuk mengakomodasi area lereng bukitnya.
Desain oleh BIG (Denmark):
Bangunan ini condong ke satu sisi untuk mengakomodasi area lereng bukitnya.
Desain oleh BIG (Denmark):
Pada gambar menunjukkan pengembangan dari konsep finalnya, sebuah bangunan multi-level dengan halaman melingkar dan teras-teras.